5 Tips dan trik menggunakan iPhone sebagai alat perekam di lapangan

5 Tips dan trik menggunakan iPhone sebagai alat perekam di lapangan

Techno.id - iPhone telah berkembang pesat sejak mendiang CEO Apple Steve Jobs meluncurkannya pada Januari 2007. Versi terbaru, iPhone 15, memberikan cita rasa masa depan ketika tiba tahun lalu dengan kamera yang lebih baik, layar yang lebih cerah, dan pengisian daya USB-C yang telah lama ditunggu-tunggu menggantikan port Lightning milik Apple yang lama.

Apa yang selalu membantu iPhone menonjol adalah App Store-nya. iPhone pertama menawarkan sedikit di luar kemampuan untuk melakukan panggilan, mengirim teks, menjelajahi Internet, memutar media, dan bernavigasi melalui aplikasi pemetaan. Saat ini ada hampir 2 juta aplikasi di App Store Apple, menurut Apple, termasuk aplikasi untuk orang-orang yang backpacking dan hiking, aplikasi untuk mekanik mobil pemula, dan lainnya yang menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk membuat ponsel kamu lebih berguna.

Dalam hal aplikasi perekaman audio, ada banyak opsi untuk membantu merekam rapat kerja, kuliah di kelas, podcast atau bahkan liputan jurnalis di lapangan. Terlepas dari bagaimana kamu menggunakan aplikasi perekaman audio, berikut adalah beberapa tips penting untuk memastikan kamu menghasilkan kualitas suar rekaman yang baik.

1. Aplikasi memo suara bawaan

5 Tipsdan trik menggunakan iPhone sebagai alat perekam di lapangan foto: apps.apple.com

Aplikasi memo suara yang diinstal secara default di setiap iPhone adalah alat dasar yang berguna untuk merekam percakapan atau catatan audio. Tetapi ada banyak aplikasi lain di App Store Apple yang memiliki fitur canggih seperti pengeditan, kemampuan perekaman kualitas berbeda, dan multi-track rekaman untuk musisi.

Beberapa aplikasi perekaman audio terbaik ekosistem Android juga tersedia untuk iPhone, seperti Dolby On, yang gratis dan memiliki efek, antarmuka pengeditan, dan kemampuan untuk melakukan streaming langsung ke Facebook atau mengunggah langsung ke SoundCloud. Ada juga aplikasi MOTIV dari Shure Audio, produsen perangkat audio. MOTIV memiliki banyak fitur yang sama dengan Dolby On plus pengukur desibel resolusi tinggi.

Jika kamu ingin menggunakan iPhone untuk merekam ceramah, wawancara, atau rapat, kamu harus mencoba aplikasi Otter. Otter menggunakan AI untuk membuat transkripsi apa pun yang kamu rekam, menjadikannya alat yang berharga bagi pelajar, jurnalis, atau pebisnis.

2. Pertimbangkan menggunakan mikrofon plug-in

5 Tipsdan trik menggunakan iPhone sebagai alat perekam di lapangan foto: shure.com

Aplikasi perekaman dan pengeditan yang mampu memproses file audio berkualitas tinggi tidak ada gunanya jika sinyal yang masuk tidak cukup baik. Mikrofon eksternal dapat memberi ponsel sinyal yang lebih baik untuk digunakan, meskipun file yang dihasilkan akan menghabiskan lebih banyak penyimpanan ponsel. Mikrofon juga dapat disesuaikan dengan sudut berlawanan antara 90 dan 120 derajat.

3. Posisi dan level input penting

5 Tipsdan trik menggunakan iPhone sebagai alat perekam di lapangan foto: freepik

Terlepas dari apakah kamu menggunakan mikrofon eksternal atau mikrofon yang terpasang di bagian bawah iPhone, posisikan dengan benar untuk menangkap audio dengan kualitas setinggi mungkin. Kamu harus memastikan mikrofon tidak terhalang dan diarahkan ke sumber suara.Jarak juga penting. Kamu harus cukup dekat dengan sumber suara untuk memastikan sinyal audio yang kuat, tetapi tidak terlalu dekat sehingga input suara terdistorsi atau terpotong.

4. Perhatikan kebisingan latar belakang

5 Tipsdan trik menggunakan iPhone sebagai alat perekam di lapangan foto: freepik

Masalah besar dengan volume input yang terlalu rendah selama perekaman adalah meningkatkan sinyal yang akan memperkuat kebisingan latar belakang. Meskipun tingkat input diatur dengan benar, kebisingan latar belakang dari keramaian, lalu lintas, dan angin dapat merusak rekaman.

Mulailah dengan hal-hal yang dapat kamu kendalikan. Cobalah mencari tempat yang tenang untuk merekam, arahkan mikrofon kamu sedemikian rupa sehingga tidak menangkap terlalu banyak kebisingan yang tidak diinginkan. Gunakan bahan peredam suara atau penyekat mikrofon jika bisa.

5. Mengedit di komputer lebih mudah daripada di ponsel

5 Tipsdan trik menggunakan iPhone sebagai alat perekam di lapangan foto: freepik/thanyakij-12

Banyak aplikasi perekaman audio iPhone juga memiliki antarmuka pengeditan, tetapi pemangkasan, pencampuran, dan tugas pasca-pemrosesan lainnya jauh lebih mudah jika dilakukan di laptop atau komputer desktop.

Jika kamu pengguna Mac, maka dapat menggunakan aplikasi desktop GarageBand yang disertakan dengan Mac OS untuk mengedit file audio. Untuk pemilik Windows dan Mac juga dapat mengunduh Audacity dan menggunakannya secara gratis. Untuk pengguna Chrome OS, opsi gratisnya adalah Studio Audio Red Cool Media, yang juga berfungsi di browser Chrome di platform lain.

(brl/red)