Cara mudah mengatur kecerahan laptop, untuk Windows 11, 10, 8 dan 7

Cara mudah mengatur kecerahan laptop, untuk Windows 11, 10, 8 dan 7

Techno.id - Laptop merupakan piranti portable yang dapat menunjang berbagai pekerjaan. Seseorang bisa melakukan olah data dengan mudah menggunakan laptop karena kapasitasnya tidak jauh beda dengan komputer. Bahkan laptop memiliki nilai lebih dengan bentuknya yang praktis.

Seperti halnya perangkat gadget lain, laptop memiliki part-part penting yang mesti dipasang. Salah satu komponen penting adalah monitor. Ya, screen dari laptop menjadi part untuk menampilkan grafis perangkat.

Panel layar dari laptop saat ini sudah memiliki resolusi tinggi. Bahkan terdapat laptop dengan layar dengan kualitas 4K. Dengan layar tersebut, pengguna bisa mendapatkan kualitas gambar secara mendetail. Terlebih ada berbagai fitur yang dipasang pada laptop seperti eye care display dan anti gores.

Layar laptop dengan grafis tajam memang menjadi pilihan terutama untuk para kreator konten. Karena semakin detail screen, maka warna yang dipilih ketika penyuntingan video atau foto akan lebih muncul. Selain itu, bagi para gamer juga akan sangat senang dengan laptop bermonitor kualitas tinggi.

Namun sayangnya, kecanggihan layar laptop perlu ditunjang dengan pengaturan kecerahannya. Pengguna bisa mengatur kecerahan layar monitor agar sesuai dengan kebutuhan. Apabila pengguna sedang di luar ruangan, maka bisa menaikan tingkat kecerahan. Begitu juga sebaliknya, apabila pengguna sedang berada di ruangan minim cahaya bisa menurunkan tingkat cahaya.

Mengatur tingkat kecerahan laptop memang bisa dilakukan dengan mudah. Namun beberapa pengguna laptop masih bingun dengan cara menggunakannya? Oleh karena itu, techno.id pada Senin (10/10) akan memberikan cara mudah mengatur kecerahan laptop dengan sistem Windows. Yuk simak langkah-langkahnya.

1. Menggunakan keyboard.

Cara mudah mengatur kecerahan laptop, untuk Windows 11, 10, 8 dan 7

foto: pexels.com

Pengguna bisa memanfaat keyboard laptop untuk mengatur kecerahan layar. Biasanya tuts untuk kecerahan ada pada bagian antara angka atau F1 hingga F12. Pengguna tinggal menekan tombol Fn + tuts opsi kecerahan. Biasanya tuts ditandai dengan ikon brightness atau matahari. Cara ini bisa diaplikasi pada laptop di semua sistem operasi Windows.

2. Menggunakan slider.

Cara mudah mengatur kecerahan laptop, untuk Windows 11, 10, 8 dan 7

foto: pexels.com

Bagi pengguna yang menggunakan sistem Windows 10 dan 11 bisa menggunakan fitur slider. Biasanya slider terletak pada bagian ikon baterai. Berikut langkah yang bisa dilakukan:

- Silakan klik ikon battery yang berada pada pojok kanan bawah.
- Kemudian pilih ikon kecerahan layar. Letaknya biasanya di samping battery saver.
- Setelah pengguna mengklik opsi kecerahan, sistem akan secara otomatis menyesuaikan persentase kecerahan yang ditampilkan.
- Pengguna juga bisa menggeser ke kanan atau ke kiri slider kecerahan yang disediakan oleh sistem.

3. Menggunakan slider pada Windows 7.

Cara mudah mengatur kecerahan laptop, untuk Windows 11, 10, 8 dan 7

foto: pexels.com

Apabila sebelumnya pengaturan untuk sistem Windows 10 dan 11, kali ini slider pada Windows 7. Sebenarnya interface dari untuk kecerahan tidak jauh berbeda. Pengguna hanya perlu pergi ke ikon battery. Berikut langkah-langkahnya:

- Silakan klik ikon battery atau charging battery pada bagian pojok kanan bawah.
- Pilih opsi Adjust screen brightness.
- Terakhir geser slide atau anak panah ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan pengguna.

4. Menggunakan tuts Windows + X.

Cara mudah mengatur kecerahan laptop, untuk Windows 11, 10, 8 dan 7

foto: pexels.com

Cara selanjutnya yang cukup mudah dilakukan dengan menekan tombol ikon Windows pada keyboard dan tuts huruf X. Pengguna akan diberikan beberapa opsi pada tools Win + X. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

- Silakan klik tombol windows + huruf X pada keyboard.
- Kemudian, klik Mobility Center.
- Klik menu tersebut dan langsung akan muncul beberapa pengaturan dasar.
- Silakan geser slider pada bagian Display brightness ke kanan maupun ke kiri sesuai dengan kebutuhan.

(brl/guf)