Cara mudah mengatasi WhatsApp tidak dapat menambahkan nada dering khusus di Android, ini penyebabnya

Cara mudah mengatasi WhatsApp tidak dapat menambahkan nada dering khusus di Android, ini penyebabnya

Techno.id - Notifikasi merupakan fitur penting saat menggunakan aplikasi perpesanan digital seperti WhatsApp. Pasalnya sebuah notifikasi akan memberikan informasi terkait pesan atau panggilan yang masuk. Selain itu, pemberitahuan akan sebuah informasi seperti WA grup, komunitas, hingga adanya update aplikasi juga penting untuk ditampilkan.

Sebagai informasi, notifikasi biasanya ditandai dengan nada dering telah diatur pengguna. Ada tools tersendiri untuk mengatur bagaimana bunyi nada dering ingin dikeluarkan saat adanya pesan atau panggilan masuk. Bahkan pengguna bisa melakukan kustomisasi audio notifikasi sesuai keinginan, dengan menambahkan nada dering hasil dari unduhan.

Kendati demikian, beberapa pengguna sering kedapatan nada dering kostum yang diunduh tidak muncul di pengaturan WhatsApp. Bug tersebut biasanya disebabkan file tak terbaca oleh WhatsApp. Oleh karena itu, pengguna perlu memindahkan file audio notifikasi agar bisa tebaca.

Lantas bagaimana cara untuk melakukannya? Berikut techno.id sajikan cara mudah mengatasi WhatsApp tidak dapat menambahkan nada dering khusus di Android, Selasa (6/6).

Cara mudah mengatasi WhatsApp tidak dapat menambahkan nada dering khusus di Android, ini penyebabnya foto: techno.id/adnan

1. Buka smartphone dan masuk ke menu File Manager.

2. Kemudian cari file nada dering ingin ditambahkan ke WhatsApp.

3. Klik dan tahan di bagian file audio.

4. Nantinya pengguna akan diberikan opsi untuk memindahkan file, klik opsi "Pindah".

5. Selanjutnya pilih opsi "Penyimpanan Internal" sebagai ruang file.

6. Setelah itu cari dan masuk ke folder "Ringtone" di dalam ROM.

7. Klik opsi "Pindahkan di sini".

8. Apabila file audio telah dipindahkan, silakan buka aplikasi WhatsApp.

9. Masuk ke "Pengaturan atau Setelan" WhatsApp.

10. Kemudian pilih opsi "Notifikasi" dan klik "Nada notifikasi".

11. Gulir sampai nama file nada dering ingin diatur muncul.

12. Aktifkan opsi nada dering tersebut, dan secara otomatis pengguna bisa mendapatkan notifikasi dengan audio sesuai keinginan.

Itulah beberapa cara mengatasi bug nada dering kostum tidak dapat terbaca di WhatsApp. Cara tersebut bisa diterapkan di smartphone Android saja, ya sob. Selamat mencoba!

(brl/red)