Cara mudah mengatasi penyimpanan WhatsApp yang penuh meski beberapa file sudah dihapus

Cara mudah mengatasi penyimpanan WhatsApp yang penuh meski beberapa file sudah dihapus

Techno.id - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan perpesanan digital yang sangat popular saat ini. Platform besutan Meta tersebut mempunyai segudang fitur menarik untuk digunakan. Mulai dari mengirim pesan, foto, video, hingga file dokumen tertentu. Bahkan pengguna bisa membuat dan mengirimkan avatar maupun GIF untuk menggambarkan emosi yang ingin disampaikan.

Kendati WhatsApp mempunyai banyak fitur, ternyata masih ada saja kelemahannya. Di sisi lain setiap pengguna memakai fitur WhatsApp, ruang penyimpanan akan dipakai untuk menunjang aktivitas aplikasi.

Sebagai contoh, jika kamu mengirimkan atau menerima file foto, maka penyimpanan memori perangkat akan termakan. Begitu juga dengan fitur lain seperti GIF, avatar, voice note, hingga status.

Ketika penyimpanan WhatsApp telah penuh, maka perangkat sudah tidak bisa lagi menunjang beberapa fitur maupun aktivitas di aplikasi. Alhasil pengguna tidak bisa maksimal dalam berinteraksi melalui aplikasi ini.

Sebenarnya untuk mengatasi penyimpanan WhatsApp yang penuh cukup mudah. Pengguna tinggal menghapus file maupun chat tidak terpakai. Namun beberapa pengguna masih mengalami masalah meskipun file tidak penting dihapus.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut techno.id sajikan cara mudah mengatasi penyimpanan WhatsApp mudah penuh, yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (5/6).

Cara mudah mengatasi penyimpanan WhatsApp yang penuh meski beberapa file sudah dihapus foto: techno.id/adnan

1. Buka aplikasi WhatsApp kemudian masuk ke menu Settings.

2. Pilih opsi Penyimpanan dan Data dan klik Kelola Penyimpanan.

3. Dalam opsi Kelola Penyimpanan, terdapat tiga pilihan penghapusan media dari penyimpanan WhatsApp.

4. Hapus file media besar file yang berkapasitas lebih dari 5 MB yang dikirimkan dari semua ruang obrolan, baik individu maupun grup.

5. Hapus media yang telah diteruskan berkali-kali.

6. Setelah itu, pengguna juga bisa menghapus media yang dikirimkan dari tiap ruang obrolan, baik individu maupun grup.

7. Hapus semua media sekaligus atau memilih sebagian saja.

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi penyimpanan WhatsApp penuh. Selain itu, sobat bisa menghapus beberapa file lain di luar dari WhatsApp untuk memberikan sedikit ruang penyimpanan. Kamu bisa menghilang beberapa file seperti lagu, foto dari kamera, maupun aplikasi tidak terpakai. Selamat mencoba!

(brl/red)