Cara mudah mengatasi layar laptop yang tiba-tiba terhenti

Cara mudah mengatasi layar laptop yang tiba-tiba terhenti

Techno.id - Laptop termasuk alat elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan yang serba digital seperti sekarang ini. Banyak yang menggunakan laptop untuk memenuhi kebutuhan sekolah, berbisnis, dan juga bekerja. Maka tak heran jika hingga saat ini ribuan laptop dirilis ke pasaran. Untuk laptop dengan spesifikasi standar dibanderol dengan harga 2-4 juta dan dinilai cukup terjangkau, sehingga semakin banyak masyarakat yang tertarik membeli.

Namun terkadang saat sedang menggunakan laptop ada saja beberapa kendala yang mengganggu sehingga pekerjaan yang menggunakan laptop pun menjadi terhambat. Salah satu contohnya adalah ketika layar laptop tiba-tiba terhenti tanpa sebab. Akan sangat menjengkelkan jika itu terjadi saat sedang dikejar deadline tugas atau kerjaan.

Menanggapi hal tersebut, techno.id telah merangkum dari berbagai sumber, 7 cara mudah mengatasi layar laptop yang tiba-tiba terhenti pada Jumat (17/3).

1. Diamkan beberapa saat

Jika layar laptop tiba-tiba terhenti saat sedang digunakan, cobalah untuk menunggu tanpa menekan tombol apapun. Layar laptop biasanya akan kembali normal setelah beberapa saat, biasanya ini adalah proses yang wajar terjadi karena prosessor laptop sedang bekerja.

2. Tekan Windows + Ctrl + Shift + B

Jika layar laptop terhenti dan berwarna hitam, coba tekan Windows+Ctrl+Shift+B. Shortcut ini bertujuan untuk mereset video card drivers yang mengoperasikan file grafik di perangkat laptop atau komputer.

3. Bersihkan Task Manager

Jika sudah mendiamkan cukup lama namun layar laptop masih tidak kembali seperti semula. Cobalah untuk menghapus task/tugas yang ada di task manager. Bisa jadi salah satu penyebab layar laptop terhenti adalah aplikasi yang dibuka sedang tersendat atau bermasalah.

Jika tidak bisa membuka task manager secara manual coba tekan shortcut Ctrl + Alt + Del pada keyboard. Setelah kolom task manager muncul, hentikan aplikasi yang terlihat tidak berjalan dengan mengklik aplikasi tersebut dan pilih opsi end task.

4. Matikan lalu hidupkan kembali laptop

Jika cara-cara di atas tidak bisa dilakukan, restart laptop dengan menekan lama tombol power sampai laptop benar-benar mati. Setelah itu coba hidupkan kembali dengan cara yang sama, biasanya layar laptop akan berfungsi normal lagi.

5. Hindari aplikasi berukuran besar

Hindari aplikasi berukuran besar yang dapat memperlambat kerja CPU laptop. Terutama jika laptop yang digunakan adalah laptop standar dengan RAM 4 GB atau kurang dari itu. Biasanya laptop jenis ini tidak cocok digunakan untuk menyimpan aplikasi berukuran besar atau aplikasi untuk pekerjaan-pekerjaan berat.

6. Lakukan tes RAM

Jika RAM sedang terganggu, layar laptop akan sering terhenti begitu saja. Untuk laptop dengan operasi Windows, tes RAM bisa dilakukan dengan cara-cara berikut. Tekan tombol Window + S, jika muncul dasbor microsoft.exe ketik mdsched.exe dan enter. Pilih opsi Restart now and check for problems (recommended) dan tunggu sampai proses pemindaian selesai. Jika proses pemindaian sudah berakhir, layar laptop akan kembali pada layar utama.

7. Bersihkan cache dan file yang tidak diperlukan

Sebaiknya hapus file-file yang tidak diperlukan di dalam laptop terutama file-file grafik yang sering memberatkan laptop. Selain itu coba bersihkan sampah dan cache pada laptop dengan mengikut langkah-langkah berikut. Tekan Window + S lalu ketik disk clean up dan langsung pilih opsi disk clean up. Selanjutnya pilih file-file yang ingin dihapus seperti "temporary files" atau "temporary windows installation files", bisa juga menghapus "recycle bin". Klik ok, jika muncul pertanyaan untuk menghapus file secara permanen klik ok kembali.


Magang: Millenia Ramadita

(brl/guf)