Cara mudah mengatasi boros baterai di HP Android, hapus aplikasi yang jarang digunakan

Cara mudah mengatasi boros baterai di HP Android, hapus aplikasi yang jarang digunakan

Mengatasi aplikasi boros baterai

3. Restart device

Cara mudah mengatasi boros baterai di HP Android, hapus aplikasi yang jarang digunakan foto: pexels.com

Salah satu cara paling simple untuk mengatasi smartphone yang boros baterai adalah melakukan restart device. Bahkan pengguna cukup menekan tombol power beberapa detik, dan pilih opsi restart.

Dengan melakukan restart, diharapkan bug yang ada di aplikasi akan hilang dan memberikan efisiensi daya kembali. Namun jika restart telah dilakukan dan baterai masih boros, berarti ada masalah lain, seperti baterai sudah mulai usang, atau device terkena virus malware.

4. Kelola notifikasi

Sering kali, notifikasi pada aplikasi malah membuat kita tidak produktif dan justru membuat kita boros baterai. Untuk mengurangi pemakaian baterai, atur notifikasi pada aplikasi secara cermat guna membatasi penggunaan aplikasi. Sobat bisa memblokir notifikasi untuk beberapa aplikasi agar baterai tidak terbuang sia-sia.

5. Jangan pakai baterai saver

Cara mudah mengatasi boros baterai di HP Android, hapus aplikasi yang jarang digunakan foto: pexels.com

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan penghematan baterai dan penghapusan cache secara otomatis. Kendati demikian, kamu jangan mudah percaya dengan aplikasi tersebut. Pasalnya bisa jadi aplikasi dengan iming-iming penghematan baterai malah menjadikan baterai boros. Sebab, bisa saja aplikasi disusupi virus malware yang menyerang device.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi aplikasi boros baterai di smartphone Android. Dengan beberapa langkah tersebut, kamu bisa menghemat baterai saat menggunakan ponsel. Selain itu, kamu bisa menggunakan fitur Baterai Saver bawaan perangkat yang ada di taskbar. Namun cara tersebut bisa mengurangi kinerja device saat membuka aplikasi. Selamat mencoba!

(brl/red)