Cara mudah memeriksa kesehatan baterai iPhone dengan fitur pengaturan bawaan

Cara mudah memeriksa kesehatan baterai iPhone dengan fitur pengaturan bawaan

Techno.id - Jika kamu termasuk orang yang tidak meng-upgrade iPhone setiap tahun, mengawasi kondisi baterai sangat penting dalam jangka panjang. Sebab performa baterai iPhone akan menurun seiring waktu, yang secara langsung berdampak pada seberapa sering kamu perlu mengisi daya perangkat.

Untungnya, Apple menyediakan cara mudah untuk memeriksa informasi baterai perangkat di iOS. Kamu dapat dengan cepat melihat informasi baterai di aplikasi Pengaturan pada perangkat.

1. Luncurkan aplikasi Pengaturan pada iPhone. Gulir ke bawah dan ketuk Baterai.

2. Kamu akan menemukan opsi Kesehatan Baterai. Ketuk untuk melanjutkan.

3. Pada menu ini, kamu akan melihat kapasitas maksimum baterai iPhone dalam persentase yang memperlihatkan kesehatan baterai iPhone kamu.

4. Selain kapasitas maksimum, kamu akan menemukan sesuatu yang disebut Kemampuan Kinerja Puncak. Ini menunjukkan apakah fitur manajemen kinerja telah diterapkan pada iPhone kamu untuk mencegah perangkat mati secara tidak terduga.

Apa yang harus dilakukan jika kesehatan baterai iPhone rendah

Cara mudah memeriksa kesehatan baterai iPhone dengan fitur pengaturan bawaan foto: freepik/vlarvix

Jika kesehatan baterai iPhone lebih rendah dari 80%, kamu akan melihat pesan baterai penting di menu yang sama. Menurut Apple, jika kapasitas maksimum turun di bawah 80%, artinya baterai iPhone telah menurun secara signifikan, dan harus diganti untuk memulihkan kinerja.

Namun jika kamu memilih untuk tidak mengganti baterai, maka bisa meminimalkan pengurasan baterai dengan menghapus aplikasi yang menghabiskan banyak sumber daya di latar belakang.

Sangat menjengkelkan jika kamu harus mengisi daya iPhone lebih sering dari biasanya. Karena itu, penting untuk memanfaatkan opsi yang diberikan Apple untuk mengganti baterai sesegera mungkin.

(brl/red)