Cara mudah membatasi penggunaan data HP Android

Cara mudah membatasi penggunaan data HP Android

Techno.id - Kamu merasa kuota internet cepat habis? Padahal kamu cuma mengakses media sosial atau berselancar di dunia maya.

Namun tidak jarangkamu jugamengkases aplikasi berbasis video. Nah hal ini mungkin yang membuat kuota internet kamu cepat habis alias boros.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membatasi penggunaan data agar lebih hemat. Caranya juga cukup mudah. Kamu tinggal atur penggunaan data melalui smartphone kamu. Begini caranya.

1. Masuk ke pengaturan

Kamu bisa mengatur penggunaan data melalui pengaturan smartphone. Klik ikon pengaturan lalu pilih SIM card dan data seluler.

2. Pilih pengaturan data

Setelah itu kamu melihat beberapa menu kemudian pilih Penggunaan Data untuk melihat dan mengatur batas penggunaan data.

3. Atur batas penggunaan data

Setelah kamu melihat total jumlah penggunaan paket data selama sebulan terakhir kamu bisa membatasinya dengan cara memilih fitur Batasi Data Seluler. Kemudian pilih Kustom dan atur penggunaan data maksimum dalam sehari. Misalnya, kamu membatasi penggunaan data 2GB per hari lalu klik Simpan.

Sekarang kamu telah berhasil mengatur batas penggunaan data seluler di ponsel. Ketika penggunaan data kamu akan mencapai batas tertentu, kamu akan menerima notifikasi.

Cara mudah membatasi penggunaan data HP Android foto: freepik.com

Menggunakan aplikasi

Cara lain yang juga bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi My Data Manager. Begini caranya.

1. Pertama tentu kamu harus mengunduh aplikasi tersebut.

2. Setelah itu kamu buka aplikasi My Data Manager kemudian beri izin agar aplikasi tersebut bisa mengakses smartphone kamu.

3. Pilih jenis paket data atau koneksi yang kamu gunakan, misalnya data seluler, WiFi, atau roaming. Saat memilih data seluler, pada tab Jaringan Seluler, ketuk Kelola atau gabung dengan paket data. Kemudian pilih jenis paket data yang kamu gunakan seperti data regular.

4. Setelah itu kamu tinggal menetapkan batas penggunaan data. Masukkan batas penggunaan data yang diinginkan kemudian ketuk selesai. Dengan cara ini kamu telah membatasi batas data seluler.

Magang: Zadun Naja

(brl/red)