Terintegrasi 100%, Indosat siap hadapi kenaikan trafik data selama libur Lebaran 2023

Terintegrasi 100%, Indosat siap hadapi kenaikan trafik data selama libur Lebaran 2023

Techno.id - Selama periode arus mudik dan libur Lebaran tahun ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) memprediksi akan ada kenaikan trafik data tertinggi sekitar 20% dibandingkan hari biasa. Hal ini disebabkan meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp.

Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, Indosat menambah kapasitas data lebih dari 30% untuk lonjakan trafik data harian. Selain itu, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan pada hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh Tanah Air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Di samping itu Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta api, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura. Berdasarkan pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Terintegrasi 100%, Indosat siap hadapi kenaikan trafik data selama libur Lebaran 2023 foto:dok.indosat

Indosat siap mendukung tingginya kebutuhan telekomunikasi digital dengan layanan yang maksimal, ujar President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha.

Komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24 jam setiap hari.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

Integrasi jaringan 100%

Terintegrasi 100%, Indosat siap hadapi kenaikan trafik data selama libur Lebaran 2023 foto: techno.id/yani andriyansyah

Upaya tersebut bisa terlaksana karena Indosat telah 100% mengintegrasikan jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) yang dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia. Integrasi sites tersebut selesai sesuai target satu tahun, di akhir Maret lalu, dengan dukungan Ericsson, Huawei, dan Nokia sebagai penyedia perangkat radio, serta mitra-mitra transmisi, core, infrastructure tower, fiber optic, dan lainnya.

Kini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, sudah dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas dengan tambahan lebih dari 700 kecamatan, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik untuk tambahan 32% populasi, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat.

(brl/red)