Ketahui penyebab koneksi internet lemot saat bermain game online, begini cara mengatasinya

Ketahui penyebab koneksi internet lemot saat bermain game online, begini cara mengatasinya

Techno.id - Kamu pernah merasakan saat menonton video YouTube, jaringan internetmu lancar jaya. Namun bergitu digunakan untuk bermain game online justru lemot. Nah kondisi tersebut bisa disebabkan beberapa faktor.

Ada baiknya kamu ketahui dulu kebutuhan data setiap platform digital yang berbeda-beda. Contohnya, untuk memenuhi kebutuhan YouTube dan game online, kecepatan datanya berbeda.

Selain itu, kebiasaan aktivitas online kamu juga terkadang memengaruhi kinerja koneksi internet. Apalagi jika kamu punya kebiasaan menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Disamping itu, jika koneksi internet digunakan untuk beberapa perangkat juga bisa memengaruhi kecepatan inernet itu sendiri. Misalnya nih, kamu memiliki memiliki koneksi internet 100 Mbps. Kemudian kamu menghubungkannya dengan tiga perangkat sekaligus, maka setiap perangkat akan mendapatkan kecepatan internet rata-rata sekitar 33 Mbps.

Nah jika satu prangkat kamu gunakan untuk menonton video YouTube, mungkin masih lancar karena data yang dibutuhkan dari server YouTube tidak terlalu besar.

Tapi lain lagi jika kamu gunakan untuk memainkan game online yang lebih banyak membutuhkan transmisi data real time antara server game dengan perangkat kamu, mungkin hal tersebut akan bermasalah.

Untuk bermain game online dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Nah jika salah satu perangkat yang kamu gunakan sedang mengunduh file besar atau melakukan streaming video HD, maka hal tersebut bakal memengaruhi koneksi internet. Umumnya, kecepatan koneksi internet akan menurun. Itu sebabnya saat main game online terasa lemot.

Lantas, bagaimana solusinya? Ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk meningkatkan koneksi internet dan mengurangi lag saat bermain game.

Ketahui penyebab koneksi internet lemot saat bermain game online, begini cara mengatasinya (Foto : Unsplash/John Schnobrich)

1. Usahakan menggunakan koneksi internet yang stabil

2. Batasi penggunaan perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama

3. Jika kamu bermain game menggunakan PC, sebaiknya gunakan kabel Ethernet, bukan jaringan Wi-Fi

4. Saat menggunakan smartphone, tutup aplikasi lain yang berjalan di perangkat ketika bermain game

5. Kamu bisa menggunakan perangkat lunak pengoptimalan koneksi internet

6. Kamu bisa mengurangi resolusi game melalui pengaturan grafis. Memang hal ini akan mengurangi kualitas grafis, namun game bisa dimainkan lebih stabil

7. Kamu juga bisa meningkatkan paket internet yang digunakan. Sebab, semakin besar jumlah paket internet, maka akan semakin stabil koneksinya.

Magang: Zadun Naja

(brl/red)