Cara mudah melihat kesehatan dan siklus baterai ponsel Android

Cara mudah melihat kesehatan dan siklus baterai ponsel Android

Techno.id - Berbeda dengan iPhone yang menyediakan fitur untuk memantau kesehatan baterai, perangkat Android tidak memiliki fitur setara. Padahal, mengetahui kesehatan baterai smartphone sangat penting.

Sebab, baterai adalah perangkat keras yang tidak bertahan selamanya. Setidaknya dengan mengetahui kesehatan baterai, pengguna dapat mengerti bagaimana kinerja perangkat mereka dan kapan waktunya harus mengganti baterai.

Cara mudah melihat kesehatan dan siklus baterai ponsel Android foto: freepik/sersoll

Maklum, mengganti baterai mungkin jauh lebih ekonomis dibanding mengganti perangkat baru. Nah karena ketidaktahuan penyebab menurunnya kinerja ponsel yang dimiliki, tak jarang pengguna lebih memilih mengganti perangkat. Padahal, mungkin perangkat tersebut masih bekerja dengan baik, hanya saja baterainya yang bermasalah.

Karena itu pemantauan kesehatan baterai sangat penting untuk mengetahui ponsel dapat bertahan beberapa tahun. Sebelumnya, Android kurang menyertakan alat khusus untuk melacak kesehatan baterai yang dimasukkan ke dalam sistem operasi, sehingga pengguna harus bergantung pada aplikasi pihak ketiga. Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa Kesehatan baterai perangkat Android.

Cara memeriksa siklus dan kesehatan baterai Android

Cara mudah melihat kesehatan dan siklus baterai ponsel Android foto: freepik/denis barysau

Tergantung pada ponsel cerdas yang kamu gunakan, ada beberapa cara untuk memeriksa kesehatan baterai smartphone. Jika kamu adalah pemilik Galaxy, Samsung menyediakan metode untuk memeriksa kesehatan baterai yang tidak bergantung pada aplikasi pihak ketiga.

Kamu harus mengunduh aplikasi Samsung Members dari Galaxy Store atau Play Store terlebih dahulu. Lalu kamu bisa memeriksa kesehatan baterai dari menu pengaturan.

Cara mudah melihat kesehatan dan siklus baterai ponsel Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Setelah terinstal, buka Pengaturan > Perawatan Baterai & Perangkat > Diagnostik > Diagnostik Telepon, dan tekan tombol Status Baterai. Kamu kemudian dapat melihat status baterai ponsel di bawah hasil Life.

Samsung menawarkan sistem penilaian Baik, Normal, atau Lemah yang disederhanakan agar mudah dipahami, selain menampilkan kapasitas baterai yang terukur pada ponsel. Baterai kamu seharusnya tidak perlu diganti sampai pembacaan menyatakan Lemah. Namun, pengguna yang aktif mungkin mendapati bahwa ponsel mereka tidak dapat bertahan selama biasanya, bahkan dengan peringkat Normal.

(brl/red)