5 Ciri-ciri umum baterai iPhone kamu harus segera diganti

5 Ciri-ciri umum baterai iPhone kamu harus segera diganti

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi jika penggunaan iPhone dalam waktu yang lama dapat memengaruhi masa pakai baterai. Ketika kesehatan baterai iPhone mulai menurun, maka biasanya akan muncul berbagai masalah pada perangkat.

iPhone tiba-tiba macet atau nge-lag, atau malah mati secara mendadak saat persentase baterai masih 50 persen. Kamu sebenarnya bisa mengetahui tanda-tanda umum yang terjadi pada baterai yang menurun kualitasnya, sehingga kamu harus berpikir untuk menggantinya.

Berikut ciri-ciri umum yang bisa kamu perhatikansaat baterai iPhone kamu harus segera diganti.

1. Baterai mulai menggelembung

5 Ciri-ciri umum baterai iPhone kamu harus segera diganti foto: freepik/vladyslavhoroshevych

Jika baterai sudah menurun kapasitasnya, maka harus diganti. Pada kasus yang ekstrem, baterai bisa membengkak. Jika kondisinya seperti itu, maka jangan coba-coba untuk menusuk baterai dengan benda tajam karena akan melepaskan kandungan racun di dalamnya. Biasanya ada tanda-tanda awal baterai yang membengkak, layar ponsel akan putih buram kemudian penutup belakang mulai terangkat dari bodi ponsel.

2. iPhone mati secara tiba-tiba

5 Ciri-ciri umum baterai iPhone kamu harus segera diganti foto: freepik/whatwolf

Jika iPhone kamu tiba-tiba mati sendiri saat baterai hampir habis atau lebih, kalibrasi mungkin tidak aktif. Untuk mengalibrasi ulang iPhone, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Gunakan iPhone hingga mati dengan sendirinya karena baterai lemah.

2. Colokkan iPhone ke pengisi daya yang dapat diandalkan dan biarkan daya terisi tanpa gangguan hingga mencapai 100 persen.

3. Setelah terisi penuh, lakukan soft reset dengan menahan tombol tiduratau bangun dan tombol beranda hingga logo Apple muncul. Jika kamu memiliki iPhone dengan Face ID, tekan cepat tombol volume atas diikuti dengan tombol volume bawah. Kemudian, tekan dan tahan tombol tidur atau bangun sampai logo Apple muncul.

Jika cara tersebut tidak menyelesaikan masalah baterai, maka baterai mungkin menjadi penyebabnya dan perlu diganti.

3. iPhone berjalan lebih lamban

5 Ciri-ciri umum baterai iPhone kamu harus segera diganti foto: freepik/jannoon028

Masalah baterai juga akan mengakibatkan iPhone bekerja dengan lamban. Kondisi ini biasanya terjadi pada iPhone yang lebih lawas. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Ketuk Pengaturan, pilih opsi Baterai dalam daftar, lalu pilih Kesehatan Baterai. Di bawah Kemampuan Performa Puncak, kamu lihat keterangan yang tertera. Jika tertulis ponsel Anda sedang dibatasi. Meskipun hal ini dapat dinonaktifkan, iPhone Anda pasti akan mendapat manfaat dari penggantian baterai, maka sebaiknya segera ganti baterai.

2. Fungsi Kesehatan Baterai menunjukkan persentase kapasitas maksimum yang tersisa. Jika berada di angka 80% atau bahkan di bawah itu, baterai kamu siap untuk pensiun.

3. Lihat menu Battery Health yang mengindikasikan kasus-kasus di mana perangkat akan menganggap kinerja baterai menurun.

(brl/red)