iPhone 15 memiliki kontrol kesehatan baterai baru untuk mencegah pengisian daya melebihi 80 persen

iPhone 15 memiliki kontrol kesehatan baterai baru untuk mencegah pengisian daya melebihi 80 persen

Techno.id - iPhone dengan segala fitur canggih di dalamnya masih dihadapkan pada masalah daya tahan baterai. Kendati Apple sudah mengatasi masalah tersebut dengan iPhone 13 Series yang dibekali baterai besar, namun persoalan daya tahan baterai tetap menjadi perhatian pengguna.

Karena itu, para pengguna iPhone semakin peduli dengan kesehatan baterai perangkat mereka dengan berusaha mengontrol setiap aspek pengalaman perangkat mereka untuk mengurangi waktu penggunaan tambahan.

Namun untuk pengguna iPhone 15 ada kabar baik nih. Kini Apple membenamkan fitur baru untuk memperpanjang kesehatan baterai dengan membatasi pengisian daya 80persen.

iPhone 15 memiliki kontrol kesehatan baterai baru untuk mencegah pengisian daya melebihi 80 persen foto: apple

Seperti dilaporkan AppleInsider, seluruh jajaran iPhone 15 memiliki pengaturan kesehatan baterai yang baru. Pengguna dapat memilih untuk menghentikan pengisian daya iPhone melewati 80% daripada mencapai 100persen.

Ini bukan fitur pengaturan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan seperti biasanya yang menghentikan pengisian daya iPhone setelah mencapai 80%, kemudian melanjutkan pengisian daya hingga 100persen untuk menyelesaikannya. Dengan fitur ini, iPhone tidak akan pernah mengisi daya melebihi 80persen.

Mengisi daya baterai relatif efisien dan seragam dari 0persen hingga 80persen, tetapi 20persen terakhir umumnya membutuhkan lebih banyak energi dan menghasilkan lebih banyak panas. Opsi ini membuat beberapa pengguna secara sadar mencoba mengisi daya baterai mereka antara 40persen dan 80persen setiap saat untuk memperpanjang kesehatan baterai.

iPhone 15 memiliki kontrol kesehatan baterai baru untuk mencegah pengisian daya melebihi 80 persen foto: unsplash/deansun

Sekarang, pengguna tidak perlu lagi memantau pengisian daya dan dapat menghentikannya pada 80persen secara otomatis. Namun, Apple menyarankan pengguna untuk tetap menggunakan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

(brl/red)