9 Cara mudah mengatasi baterai iPhone yang terkuras habis saat mengisi daya

9 Cara mudah mengatasi baterai iPhone yang terkuras habis saat mengisi daya

Techno.id - Daya tahan baterai adalah masalah yang paling sering dialami pengguna smartphone termasuk iPhone. Seberapa apik pun kamu menggunakan smartphone, namun tak akan bisa meningkatkan daya tahan baterai.

Sebab, baterai adalah perangkat keras yang akan menurun kualitas dan kinerjanya seiring penggunaan. Artinya, daya tahan baterai adalah masalah yang berada di luar kendali pengguna.

Setelah iPhone digunakan bertahun-tahun, maka tingkat ketahanan baterainya pasti akan menurun. Akibatnya, cadangan daya yang dapat ditampung menjadi lebih rendah dan kecepatan pengisian dayanya menjadi lebih lambat.

Pada kasus tertentu, malah daya baterai justru terkuras habis saat dicolokkan ke pengisi daya. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan pengisian daya.

1. Matikan fitur Pengisian Daya Optimal

9 Cara mudah mengatasi baterai iPhone yang terkuras habis saat mengisi daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

iPhone memiliki fitur pengisian daya yang dioptimalkan. Fitur ini untuk memastikan bahwa iPhone kamu mengisi daya dengan kecepatan yang lebih lambat ketika dicolokkan semalaman.

Namun, membiarkan iPhone dicolokkan untuk mengisi daya dalam jangka waktu lama dapat merusak kesehatan baterai. Nah ketika pengisian daya yang dioptimalkan diaktifkan, arus listrik yang melewati baterai iPhone akan dibatasi setelah mencapai jumlah daya tertentu.

Meskipun cara ini berfungsi baik untuk sebagian besar iPhone, namun tetap dapat menyebabkan pengurasan baterai jika kamu menggunakan iPhone saat mengisi daya. Berikut cara mematikan pengisian daya yang dioptimalkan.

1. Buka Pengaturan dan pilih Baterai.

2. Pilih Kesehatan Baterai

3. Matikan bilah sakelar untuk Pengisian Daya Optimal.

2. Tutup semua aplikasi latar belakang

9 Cara mudah mengatasi baterai iPhone yang terkuras habis saat mengisi daya foto: unsplash/luis cortes

Pengisian daya iPhone menjadi lambat bisa juga disebabkan karena harus elakukan banyak tugas latar belakang saat dicolokkan ke sumber daya. Jika kamu menggunakan iPhone yang lebih lawas, bahkan dapat menyebabkan tingkat baterai turun ketika ponsel kamu sedang diisi.

Untuk mengatasinya, hapus semua aplikasi latar belakang. Kamu dapat dengan mudah menutup semua aplikasi latar belakang dari pengalih aplikasi.

3. Matikan iPhone saat mengisi daya

9 Cara mudah mengatasi baterai iPhone yang terkuras habis saat mengisi daya foto: unsplash/andreas haslinger

Meskipun kamu sudah menghapus semua aplikasi latar belakang namun pengisian daya masih tetap lambat, opsi yang bisa kamu pilih adalah dengan mematikan iPhone saat mengisi daya.

Sebab, meski kamu telah mematikan semua aktivitas latar belakang, iPhone masih menggunakan baterai dengan menerima sinyal jaringan selular.

4. Aktifkan mode pesawat

9 Cara mudah mengatasi baterai iPhone yang terkuras habis saat mengisi daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu tidak ingin mematikan iPhone saat mengisi daya, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat. Seperti disebutkan di atas, meski kamu tidak menggunakan iPhone saat mengisi daya, tetapi jika iPhone kamu tetap hidup maka akan terus menerima jaringan selular dan akan menghabiskan daya baterai.

Apalagi jika kamu menggunakan jaringan 5G untuk streaming video atau bermain game, maka konsumsi daya akan meningkat. Dengan mengaktifkan Mode Pesawat, iPhone kamu tidak akan menggunakan daya baterai.

5. Aktifkan mode daya rendah

9 Cara mudah mengatasi baterai iPhone yang terkuras habis saat mengisi daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mengaktifkan Mode Daya Rendah pada iPhone akan mengurangi pengurasan baterai. Sebab opsi tersebut akan membatasi tugas-tugas tertentu. Setelah diaktifkan, kecerahan layar, kecepatan refresh, dan beberapa efek visual akan diturunkan. Fitur-fitur seperti Kunci Otomatis, penyegaran aplikasi latar belakang, dan unduhan otomatis juga akan dinonaktifkan.

iPhone kamu tidak mengonsumsi daya lebih cepat. Saat mode Daya Rendah diaktifkan, bar baterai akan berubah menjadi kuning.

(brl/red)