Cara mudah hapus akun Instagram secara permanen maupun temporer

Cara mudah hapus akun Instagram secara permanen maupun temporer

Techno.id - Media sosial memang menjadi wadah bagi seseorang untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, tanpa batasan ruang maupun waktu. Ditambah medsos juga menjadi ladang untuk menemukan informasi terkini secara cepat. Lebih lanjut, berbagai platform media sosial pada dasarnya dibuat untuk memudahkan seseorang berinteraksi dengan kawan maupun orang lain di dunia maya.

Salah satu platform media sosial yang populer saat ini adalah Instagram. Platform tersebut dipakai untuk seseorang mengunggah foto maupun video terbaik agar mendapatkan apresiasi. Instagram juga menjadi wadah untuk seseorang memberikan informasi mengenai kegiatan yang dilakukan setiap harinya. Bahkan Instagram bisa menjadi ranah bagi para publik figur maupun media untuk berbagi informasi.

Aplikasi yang sekarang dikembangkan oleh Meta ini memiliki berbagai fitur menarik. Mulai dari dapat dipakai untuk pengeditan foto agar lebih menarik secara langsung, mengirimkan tanda suka dan tentunya komentar, sampai berkirim pesan secara personal melalui Direct Messenger. Instagram juga memiliki fitur story dengan segudang GIF, stiker maupun efek menarik yang bisa digunakan.

Dengan berbagai fitur tersebut seseorang akan mendapati sensasi keseruan tersendiri saat memakai Instagram. Akan tetapi, beberapa orang juga ingin lepas dari hingar bingar jagat Instagram. Alasannya cukup beragam, seperti pengguna ingin lebih fokus dalam bekerja, ataupun sedang mendapati masalah tertentu yang membuat ia menarik diri dari Instagram.

Bagi pengguna yang ingin keluar dari Instagram, pihak developer sudah memberikan fitur untuk menghapus akun. Bahkan fitur penghapusan akun bisa bersifat temporer maupun permanen. Ketika pengguna memilih untuk menonaktifkan akun secara sementara, maka akun tidak akan terlihat dalam pencarian maupun dapat dibuka oleh pengguna lain. Pengguna bisa mengaktifkan akun tersebut dengan kembali login.

Lebih lanjut, bagi pengguna yang ingin menonaktifkan akun secara permanen juga bisa dilakukan. Namun konsekuensinya adalah akun tidak bisa diakses kembali. Secara permanen akun akan terhapus dari Instagram. Baik data, informasi, dan konten secara otomatis juga akan terhapus.

Lalu bagaimana cara agar Instagram dapat terhapus secara temporary maupun permanen? Tenang dulu sob, kali ini techno.id akan memberikan ara mudah hapus akun Instagram secara permanen maupun temporer, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (1/9).

Hapus akun Instagram sementara melalui web.

Cara mudah hapus akun Instagram secara permanen maupun temporer

foto: techno.id/Adnan

1. Silakan buka Instagram versi web di instagram.com
2. Kemudian lakukan login dengan masukkan username dan kata sandi (password) pengguna
3. Setelah pengguna masuk di laman beranda, klik ikon profile di kanan atas layar
4. Kemudian pilih profile
5. Silakan klik opsi pengaturan.
6. Setelah masuk ke menu pengaturan silakan scroll layar ke bawah hingga menemukan tulisan Temporarily deactivate my account atau menonaktifkan akun saya sementara
7. Pengguna akan memilih alasan memilih untuk menonaktifkan akun
8. Setelah itu, pengguna diminta mengetik ulang password akun Instagram Jika sudah selesai, klik ikon Temporarily Deactivate Account

Hapus akun Instagram sementara melalui aplikasi.

1. Silakan buka aplikasi Instagram
2. Buka akun profile di bagian kanan bawah
3. Kemudian pilih ikon garis tiga di bagian atas, lalu klik Settings atau Pengaturan
4. Scroll layar ke bawah hingga pengguna menemukan pilihan Deactive account atau Delete Account
5. Pilih Deactive account

Hapus akun Instagram permanen melalui Web.

Cara mudah hapus akun Instagram secara permanen maupun temporer

foto: techno.id/Adnan

1. Untuk menghapus akun Instagram secara permanen, pengguna perlu mengakes laman ini https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
2. Pengguna akan menemukan pertanyaan dari memilih menghapus akun
3. Setelah memilih jawaban yang tepat, pengguna diminta mengetik ulang password akun Instagram
4. Apabila sudah yakin, silakan klik Delete username
5. Perlu dicatat, situs tersebut juga menjelaskan bahwa rincian informasi dari akun bakal terhapus 30 hari, terhitung dari proses penghapusan dimulai.

Hapus akun Instagram permanen melalui aplikasi.

1. Silakan buka aplikasi Instagram
2. Buka akun profile di bagian kanan bawah
3. Kemudian pilih ikon garis tiga di bagian atas, lalu klik Settings atau Pengaturan
4. Kemudian scroll layar ke bawah hingga pengguna menemukan pilihan Deactive account atau Delete Account Pilih Delete account
5. Permintaan penghapusan akun akan dilakukan selama 30 hari. Selama proses penghapusan berjalan, pengguna lain tidak dapat mengakses akun tersebut.

Itulah beberapa cara untuk menghapus akun Instagram secara permanen maupun temporer. Cukup mudah bukan. Namun perlu dicatat bagi pengguna iPhone bisa melakukan penghapusan akun langsung melalui aplikasi.


(brl/guf)