Ini 9 fitur baru Instagram, bisa bebas buat avatar sendiri

image

Techno.id - Media sosial mempunyai peranan penting untuk berbagi informasi secara cepat. Selain itu, platform medsos juga digunakan untuk membagikan momen-momen indah seseorang secara gratis. Bahkan dukungan internet kencang membuat media sosial dapat menghubungkan orang di seluruh penjuru dunia tanpa ada batasan.

Salah satu media sosial populer saat ini adalah Instagram. Platform yang saat ini tengah dikembangkan oleh Meta tersebut menjadi wadah untuk berbagai karya foto terbaik. Bahkan Instagram juga menjadi platform premium untuk para pelaku bisnis online mengembangkan usahanya.

Setiap tahun Instagram tak pernah berhenti untuk berinovasi. Tercatat hingga pertengahan tahun 2022, Instagram mengeluarkan 9 fitur baru. Update terbaru Instagram tentu untuk menyesuaikan kebutuhan dari pengguna.

Lalu apa saja update yang diberikan oleh Meta untuk Instagram? Kali ini techno.id akan menyajikan 9 fitur baru Instagram yang dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (22/6).

1. Avatar Instagram.

fitur baru IG  berbagai sumber

foto: techno.id/Adnan

Membuat Avatar diri sendiri tengah menjadi favorit banyak pengguna. Meta memberikan fitur membuat Avatar pada Instagram. Pengguna dapat bebas membentuk avatar diri sendiri melalui fitur stiker Instagram. Avatar tersebut nantinya dapat dikirimkan ke semua pengguna, sehingga menambah keseruan dalam melakukan interaksi.

2. Penambahan moderator Live Instagram.

Pengguna yang suka Live Instagram kini dapat menunjuk akun tertentu untuk menjadi moderator. Peran moderator tentu sangat dibutuhkan untuk mengelola komentar yang masuk. Dengan adanya penambahan moderator diharapkan para kreator konten dapat menyajikan tayangan lebih menarik.

3. Pin foto maupun video di Feed.

fitur baru IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Pada update terbaru Feed Instagram dapat disematkan. Artinya foto maupun video dapat berada pada bagian teratas. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pengguna memperoleh jumlah like, comment, maupun share lebih banyak.

4. Durasi Reels lebih panjang.

Sebelumnya fitur Reels Instagram hanya dapat merekam video dengan opsi 15 detik, 30 detik, dan 60 detik. Namun pada update terbaru kini Reels dapat dapat merekam video hingga 90 detik. Dengan adanya penambahan durasi tersebut diharapkan pengguna dapat memberikan konten lebih keren lagi.

5. Menambah opsi di stiker Polling.

Stiker Polling pada Instagram sering digunakan untuk memperoleh jawaban atau pilihan terbanyak dari followers. Pada update terbarunya, pilihan polling stiker ditambah menjadi empat opsi jawaban. Tentu dengan banyaknya opsi yang ditawarkan tentu menambah keseruan dalam berinteraksi.

6. Menambahkan musik di Feed.

fitur baru IG  berbagai sumber

foto: pixabay.com

Saat akan mengunggah foto di Feed, pengguna dapat menambahkan musik. Pengguna dapat menambah klip musik dengan durasi hingga 90 detik. Ada berbagai opsi genre lagu yang dapat dimasukan oleh pengguna.

7. Terdapat fitur Take a Break.

Fitur ini merupakan kepedulian dari Meta agar pengguna tidak berlebihan dalam menggunakan Instagram. Take a Break bekerja memberikan notifikasi ke pengguna apabila terlalu lama dalam menggunakan Instagram. Fitur ini akan memberikan perintah untuk beristirahat sejenak.

8. Parental Control.

Fitur Parental Control sangat berguna bagi orang tua untuk melakukan pengawasan terhadap anaknya. Dengan fitur terbaru ini para orang tua dapat mengirimkan undangan agar segala unggahan dan pelaporan dari akun sang anak dapat diketahui orang tua. Fitur pengawasan ini diharapkan dapat memantau perkembangan anak dan mengetahui masalah yang terjadi akibat pergaulan di dunia maya. Nantinya orang tua akan diberikan akun siapa yang diblokir oleh anak dan apa penyebabnya. Bahkan para orang tua juga dapat melakukan pembatasan dalam pemakaian Instagram untuk anaknya.

9. Fitur Amber Alert.

fitur baru IG  berbagai sumber

foto: Instagram.com

Fitur Amber Alert didesain untuk membantu pencarian pada anak yang hilang. Pihak developer Instagram telah bekerja sama dengan lembaga pencari anak hilang nasional. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna akan mendapatkan linimasa dengan unggahan informasi kehilangan anak. Namun unggahan tersebut akan masuk linimasa pengguna di seputaran area target pencarian. Fitur ini masih dikembangan dan baru berfungsi di Amerika Serikat.


(brl/guf)