Cara mudah gunakan fitur Tag Collaboration Instagram, bisa buat postingan dengan dua akun sekaligus

Cara mudah gunakan fitur Tag Collaboration Instagram, bisa buat postingan dengan dua akun sekaligus

Techno.id - Instagram merupakan platform media sosial yang digunakan untuk mengunggah banyak momen spesial seorang. Selain itu, Instagram juga menjadi wadah untuk memperoleh informasi terkini, baik itu politik, publik figur, olahraga dan lainnya. Bahkan Instagram menjadi aplikasi tepat untuk membranding sesuatu.

Instagram yang kini dikembangkan oleh Meta, mempunyai berbagai fitur andalan. Terbaru Mete mengeluarkan fitur Tag Collaboration untuk Instagram. Fitur layanan ini memungkinkan pengguna dapat berkolaborasi dalam melakukan unggahan feed dan reels. Nantinya postingan yang sama dapat muncul di dua akun berbeda.

Lantas bagaimana cara menggunakan fitur Tag Collaboration ini? Berikut techno.id sajikan cara mudah gunakan fitut Tag Collaboration Instagram, yang dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (11/1).

Kamu terlebih dahulu harus mengerti apa dan bagaimana cara kerja dari fitu Tag Collaboration Instagram ini.

Cara mudah gunakan fitur Tag Collaboration Instagram, bisa buat postingan dengan dua akun sekaligus

foto: Pexels.com

Tag kolaborasi dapat diakses melalui akun Instagram pribadi maupun bisnis. Tentu bagi pengguna akun bisnis, fitur ini cukup bermanfaat. Karena jauh lebih efisien dan hemat waktu untuk melakukan pemasaran ke media sosial yang dimiliki.

Fitur tag kolaborasi dapat memberikan kesan bahwa pengguna berinteraksi secara intens melalui konten yang telah diunggah. Terlebih nantinya unggahan dari tak kolaborasi bisa muncul dalam dua akun.

Lebih lanjut, untuk saat ini fitur tag kolaborasi hanya dapat mengunggah feed dan reels saja. Artinya pengguna belum bisa mengunggah postingan story maupun IG Live memakai tag kolaborasi.

Menariknya tag kolaborasi dapat dipakai dalam satu akun saja. Pengguna tak dapat berkolaborasi maupun mengundang lebih dari satu akun untuk melakukan unggahan feed maupun reels Instagram.

Fitur tag kolaborasi membuat seseorang mudah dalam menemukan akun Instagram pengguna, maupun produk yang digunakan. Nantinya postingan feed maupun reels akan muncul di kedua akun yang berkolaborasi. Artinya jumlah like dan komentar akan sama persis.

Tag kolaborasi memang sangat berguna dan mempunyai nilai lebih untuk pemakai akun Instagram bisnis. Karena dengan fitur ini, diharapkan profit akan bertambah. Begitu juga pemilik akun Instagram pribadi. Fitur ini mampu membantu meningkatkan like, komen, hingga followers.

Cara menggunakan fitur Tag Collaboration di Instagram.

Cara mudah gunakan fitur Tag Collaboration Instagram, bisa buat postingan dengan dua akun sekaligus

foto: Techno.id/ Adnan

1. Langkah pertama tentu silakan masuk ke aplikasi Instagram dan login ke akun yang digunakan.
2. Kemudian ketuk ikon "=" di bagian kanan atas layar beranda.
3. Silakan masukkan gambar atau video yang akan diupload.
4. Scroll layar ke kanan untuk memilih melakukan unggahan feed atau reels.
5. Klik tanda panah biru di bagian pojok kanan atas untuk mengedit.
6. Klik tanda panah biru lagi untuk melanjutkan.
7. Silakan tuliskan caption sesuai keinginan dalam kolom "tulis keterangan".
8. Klik opsi "Tandai orang", untuk berkolaborasi dengan akun lain.
9. Setelah itu, klik opsi "Undang kolaborator".
10. Silakan cari akun yang akan berkolaborasi dengan kamu.
11. Klik "Selesai" untuk melanjutkan.
12. Kemudian klik centang biru di bagian pojok kanan atas untuk kembali ke halaman postingan.
13. Klik tanda centang biru lagi untuk mengunggah.

Setelah pengguna berhasil melakukan unggahan, kolaborator akan mendapatkan notifikasi undangan melalui DM Instagram. Apabila mereka telah menerima undangan, barulah postingan akan ditayangkan di Instagram. Selama kolaborator belum menyetujui unggahan tersebut, makan postingan akan disembunyikan sistem Instagram sampai kolaborator menyetujui.

Melalui fitur tag ini pengguna bisa berkolaborasi dengan teman, kolega, influencer, hingga selebgram untuk memasarkan sebuah produk, sehingga nantinya profit akan bertambah. Selamat mencoba!

(brl/guf)