Ini 6 fitur baru di Instagram, dari Instagram Notes hingga kembalikan akun yang diretas

Ini 6 fitur baru di Instagram, dari Instagram Notes hingga kembalikan akun yang diretas

Techno.id - Instagram menjadi aplikasi media sosial yang sering dipakai seseorang untuk mengunggah foto maupun video terbaiknya. Selain itu, Instagram juga dapat dijadikan platform untuk promosi para pelaku bisnis online. Bahkan karena banyaknya pengguna Instagram, banyak publik figur memakai aplikasi IG agar dapat berinteraksi secara langsung dengan pengikutnya.

Instagram yang saat ini dikelola oleh Meta memiliki berbagai penambahan fitur. Berbagai fitur yang telah dikeluarkan tentu memberikan sensasi lebih mengasyikkan bagi pengguna. Terlebih Meta juga memberikan penambahan fitur keamanan, agar akun pengguna tak mudah diretas.

Tercatat sepanjang tahun 2022 ini Instagram telah merilis 6 fitur baru untuk pengguna. Lantas apa saja daftarnya? Berikut techno.id sajikan 6 fitur baru Instagram yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (26/12).

1. Instagram Notes.

Ini 6 fitur baru di Instagram, dari Instagram Notes hingga kembalikan akun yang diretas

foto: about.fb.com

Instagram Notes merupakan fitur baru yang dihadirkan. Notes dari Instagram dapat digunakan untuk pengguna mengunggah postingan status sederhana berbasis teks. Selayaknya Tweet dari Twitter, Notes juga dibatasi dengan karakter. Pengguna hanya dapat menuliskan 60 karakter untuk dijadikan Notes IG.

Teks yang telah ditulis pengguna nantinya akan muncul di menu Direct Message atau DM. Selain tulisan, Notes juga mendukung untuk memasukan emoji. Namun sayangnya, fitur ini tidak dapat mendukung postingan berbentuk foto ataupun video. Tentu karena IG Notes berbeda dari IG Stories.

Fitur ini sempat menggemparkan jagat media sosial Tanah Air. Untuk menggunakannya cukup klik ikon (+) di bagian kanan atas foto profil. Kemudian pilih opsi "Leave a note", dan pengguna dapat menulis beberapa kata untuk dijadikan Notes IG.

2. Candid Stories.

Ini 6 fitur baru di Instagram, dari Instagram Notes hingga kembalikan akun yang diretas

foto: about.fb.com

Candid Stories juga merupakan fitur baru di Instagram. Fitur ini mengadopsi dari platform BeReal yang dapat diakses melalui perangkat iOS. Candid Stories memungkinkan pengguna membagikan kegiatan terkini, secara langsung menggunakan kamera depan dan belakang perangkat.

Candid Stories akan muncul melalui notifikasi yang dikirim oleh sistem Instagram. Setelah pengguna mengunggah kegiatan melalui Candid, maka bisa melihat Candid milik pengguna lain. Fitur ini masih diuji coba oleh Instagram, dan akan digelontorkan dalam waktu dekat.

3. Add Your Nominations.

Add Your Nominations merupakan fitur tambahan dari fitur stiker Add Yours. Fitur ini nantinya menyediakan opsi Pass it on di bagian bawah postingan Add Yours. Fungsinya pengguna dapat memilih dan meminta teman atau followers Instagram untuk mengunggah postingan Add Yours versi mereka dengan tema yang telah ditentukan.

4. Group Profile.

Ini 6 fitur baru di Instagram, dari Instagram Notes hingga kembalikan akun yang diretas

foto: about.fb.com

Group Profile merupakan fitur untuk pengguna membuat sebuah grup yang dapat menampung berbagai postingan foto atau video dari seluruh anggota grup dalam satu Instagram Feed. Aneka konten hanya dapat dilihat oleh anggota Group Profile yang telah dimasukkan. Pengikut biasa nantinya tidak dapat melihat apa yang diunggah dalam grup. Fitur ini oleh Instagram juga masih dalam tahap uji coba.

5. Collaborative Collections.

Ini 6 fitur baru di Instagram, dari Instagram Notes hingga kembalikan akun yang diretas

foto: about.fb.com

Collaborative Collections merupakan fitur baru di Instagram yang dapat dipakai untuk menyimpan maupun membagikan postingan orang lain, tanpa menghilangkan nama akun pemilik yang telah mengunggah postingan tersebut. Nantinya fitur ini dapat dipakai untuk menyimpan postingan langsung dari feed atau membagikan unggahan ke teman via DM. Bahkan postingan dapat disimpan dalam menu DM. Fitur ini oleh Instagram masih dalam tahap uji coba, dan segera akan diluncurkan.

6. Mengembalikan akun yang diretas atau My account was hacked.

Fitur My account was hacked merupakan menu halaman yang dapat dipakai oleh pengguna untuk mengembalikan akunnya terkena peretasan. Fitur ini dapat diakses melalui landing page di Instagram.com/hacked. Laman tersebut dapat membantu pengguna dalam mengatasi masalah akun terkena hack oleh para oknum tidak bertanggung jawab.

Melalui My account was hacked pengguna dapat dengan mudah melaporkan masalah yang dialami akun. Cukup mengikuti instruksi dari sistem, dan memasukkan data sesuai yang diminta. Selanjutnya pihak dari sistem keamanan Instagram akan melakukan pengecekan apa yang menjadi masalah akun tersebut, dan berusaha memperbaikinya.

Selain itu, sistem mengembalikan akun yang telah diretas juga dapat diminta dari teman. Instagram memberikan fitur Request Help from Friends. Nantinya pengguna dapat meminta tolong dua orang teman mereka untuk memverifikasi identitas pengguna agar dapat mengakses akun Instagramnya kembali.


(brl/guf)