Cara mudah gunakan fitur Komunitas Twitter, mirip grup dari Facebook

Cara mudah gunakan fitur Komunitas Twitter, mirip grup dari Facebook

Techno.id -

Media sosial menjadi salah satu wadah seseorang untuk melakukan komunikasi secara digital. Salah satu platform media sosial yang populer saat ini adalah Twitter. Aplikasi dengan ciri khas warna biru dan burung tersebut memiliki segudang fitur menarik untuk digunakan. Pengguna bisa membuat cuitan atau postingan di Twitter berupa tulisan maupun gambar, membagikan cuitan akun pengguna lain serta mengomentarinya.

Twitter juga mempunyai fitur menarik yang bisa digunakan berinteraksi secara kolektif yaitu Komunitas. Fitur Komunitas Twitter merupakan wadah bagi pengguna dengan minat dan ketertarikan sama. Layanan dari Twitter tersebut bisa dikatakan mirip dengan Grup Facebook. Sayangnya fitur komunitas Twitter tidak muncul pada tampilan beranda awal.

Fitur Komunitas Twitter memang sangat membantu terutama bagi pengguna yang suka dengan obrolan secara kolektif. Selain itu, fitur ini juga bisa dipakai untuk media jual beli loh. Wah menarik bukan. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara menggunakan komunitas Twitter, pada kesempatan ini Senin (28/8) techno.id akan membagikan caranya. Yuk simak sampai habis agar kamu mengerti.

Namun perlu digaris bawahi, untuk memunculkan opsi dari fitur tersebut pengguna terlebih dahulu harus bergabung ke komunitas tertentu. Cara untuk gabung pada sebuah komunitas bisa melalui undangan yang dikirimkan pengguna lainnya. Selain itu, kamu bisa juga meminta untuk bergabung melalui link yang telah dibagikan.

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk bergabung:

Cara mudah gunakan fitur Komunitas Twitter, mirip grup dari Facebook

foto: Techno.id/ Adnan

1. Silakan masuk ke akun Twitter yang dimiliki.
2. Kemudian pilih komunitas yang akan diikuti.
3. Klik link untuk masuk ke beranda komunitas.
4. Silakan klik opsi "Gabung"
5. Setujui kebijakan dari komunitas.
6. Tunggu hingga permintaan bergabung disetujui oleh admin.
7. Apabila komunitas bersifat publik, maka pengguna bisa langsung masuk tanpa persetujuan dari admin.

Setelah pengguna disetujui dan masuk ke dalam komunitas, akan ada sebuah ikon baru yang muncul. Ikon tersebut bergambar dua orang yang diletakan di sisi tengah tools. Fungsi dari ikon tersebut membantu pengguna mengakses halaman linimasa komunitas. Semua cuitan dan jenis unggahan bersumber dari komunitas akan ditampilkan pada linimasa tersebut.

Cara mudah gunakan fitur Komunitas Twitter, mirip grup dari Facebook

foto: Techno.id/ Adnan

Pada fitur komunitas Twitter terdapat admin, moderator dan juga anggota biasa. Admin memiliki otoritas lebih daripada anggota biasa maupun moderator. Bagi admin bisa menambahkan anggota, memilih moderator, hingga mengeluarkan anggota.

Sedangkan untuk moderator memiliki fungsi sebagai pihak yang memantau dan melaporkan apabila terdapat pelanggaran aturan komunitas. Moderator juga dapat dapat mengeluarkan anggota biasa dan mengundang pengguna lainnya. Adapun anggota biasa hanya dapat mengundang pengguna lain. Itupun jika komunitas bersifat terbuka.

Cara mudah gunakan fitur Komunitas Twitter, mirip grup dari Facebook

foto: Techno.id/ Adnan

Pengguna yang sudah masuk ke komunitas dapat mengunggah cuitan ke komunitas. Tweet yang dikirim ke komunitas hanya bisa muncul pada halaman linimasa dan profil komunitas. Tweet tersebut tidak akan muncul ke beranda profil anggota. Untuk menuliskan Tweet ke komunitas pengguna cukup klik ikon tambah pada halaman linimasa komunitas. Kemudian silakan pilih ke komunitas mana pengguna ingin mengunggahnya.

Itulah penjelasan dan cara penggunaan fitur Komunitas Twitter. Cukup mudah bukan. Dengan fitur ini diharap pengguna Twitter semakin asik dalam berinteraksi. Selamat mencoba!


(brl/guf)