Cara mudah bayar zakat fitrah secara online, segini nilai per paket zakat di Baznas

Cara mudah bayar zakat fitrah secara online, segini nilai per paket zakat di Baznas

Techno.id - Salah satu kewajiban umat Islam pada bulan Ramadhan selain puasa adalah membayar zakat fitrah. Sebagai informasi, zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba. Zakat fitrah biasanya berbentuk bahan makanan pokok seperti beras, gandum, jagung, dan sebagainya, yang disesuaikan dengan harga-harga yang berlaku di masyarakat setempat.

Tujuan dari adanya zakat fitrah tak lain untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang dilakukan selama Ramadhan. Zakat juga dapat membantu sesama muslim yang membutuhkan, dan menyediakan kebutuhan makanan pokok bagi masyarakat kurang mampu saat Idul Fitri tiba. Bahkan zakat fitrah bisa membantu mengurangi kesenjangan sosial dan memberikan rasa solidaritas antara umat muslim.

Masyarakat pada umumnya membayarkan zakat fitrah ke amil zakat (pihak pengelola zakat) di lingkungan sekitar rumahnya. Namun berkat kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, membayar zakat fitrah juga bisa dilakukan secara online. Apalagi sudah ada lembaga amil zakat seperti Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) yang siap mengelola zakat dari masyarakat.

Baznas memiliki kemampuan untuk menghimpun zakat secara nasional melalui website "Baznas.go.id". Alhasil umat muslim di seluruh Indonesia bisa membayar zakat fitrah secara online. Dengan website tersebut, pengguna bisa membayar zakat tanpa harus repot-repot datang ke pos pengumpulan zakat.

Lantas bagaimana cara membayar zakat fitrah secara online via website Baznas? Berikut techno.id pada Sabtu (15/4), sajikan cara mudah bayar Zakat Fitrah secara online melalui Baznas.


(brl/guf)