Cara menyalakan fitur kunci chat WhatsApp, berkirim pesan makin aman

Cara menyalakan fitur kunci chat WhatsApp, berkirim pesan makin aman

Techno.id - WhatsApp kembali menambahkan fitur keamanan untuk pengguna. Pada smartphone baik berbasis Android maupun iOS, kamu dapat mengaktifkan fitur kunci chat untuk melindungi chat yang paling pribadi dengan kata sandi.

Untuk membaca atau mengirim pesan, kamu harus membuka kunci chat menggunakan autentikasi perangkat, seperti kode sandi telepon, Face ID, atau sidik jari. Chat ini akan dipisahkan dari chat kamu yang lain di folder chat yang dikunci.

Ketika chat terkunci, konten notifikasi dan kontak akan disembunyikan. Notifikasi yang akan ditampilkan adalah WhatsApp, 1 pesan baru.

Cara menyalakan fitur kunci chat WhatsApp, berkirim pesan makin aman foto: whatsapp

Untuk membantu menjaga privasi media, kamu harus menyalakan kunci chat untuk menyimpan media ke galeri telepon. Selain itu, chat grup dan chat yang dibisukan juga dapat dikunci.

Sementara untuk panggilan tidak akan dikunci. Artinya baik panggilan dari kontak atau grup chat yang dikunci akan tetap ditampilkan.

Saat Kamu menyalakan fitur kunci chat dari telepon, fitur ini hanya akan mengunci chat di telepon tersebut. Jika kamu memiliki perangkat lain yang ditautkan ke WhatsApp, seperti komputer desktop, chat di perangkat tertaut tersebut tidak akan dikunci.

Cara menyalakan fitur kunci chat WhatsApp, berkirim pesan makin aman foto: whatsapp

Jika kamu menggunakan fitur pencadangan dan pemulihan di WhatsApp, chat yang dikunci akan tetap terkunci setelah kamu memulihkan data ke telepon baru. Untuk mengakses chat yang dikunci, kamu harus menyiapkan autentikasi perangkat (sidik jari atau Face ID) terlebih dahulu.

Saat kamu menyalakan kunci chat, orang yang chat dengan kamu tidak akan tahu bahwa kamu telah mengunci chat. Jika ingin mengunci chat yang diarsipkan, kamu harus membuka arsip chat terlebih dahulu, lalu menguncinya.

Cara menyalakan fitur kunci chat

Cara menyalakan fitur kunci chat WhatsApp, berkirim pesan makin aman foto: whatsapp

Kamu dapat mematikan atau menyalakan kunci chat di dalam info setiap chat yang ingin dikunci. Jika kamu belum menyiapkan autentikasi perangkat, seperti kode sandi telepon, sidik jari, atau Face ID, kamu akan diminta untuk menyiapkannya sebelum mengunci chat. Begini cara menyalakan kunci chat.

1. Ketuk info chat > Kunci chat.

2. Ketuk Kunci chat ini dengan sidik jari atau Kunci Chat Ini dengan Face ID.

3. Ketuk Lihat untuk melihat chat di folder Chat yang dikunci.

Cara melihat chat yang dikunci

Kamu dapat melihat chat yang dikunci di folder Chat yang dikunci. Begini caranya.

1. Buka tab Chat lalu gesek ke bawah.

2. Ketuk folder Chat yang dikunci.

3. Konfirmasi Face ID atau sentuh sensor sidik jari untuk membuka kunci.

4. Ketuk chat untuk melihat atau mengirim pesan.

Mematikan kunci chat

Kamu dapat mematikan kunci chat di info chat. Begini caranya.

1. Ketuk info chat > Kunci chat.

2. Matikan lalu konfirmasi sidik jari atau Face ID.

(brl/red)