Cara menulis surat lamaran kerja menggunakan ChatGPT

Cara menulis surat lamaran kerja menggunakan ChatGPT

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang kesulitan menulis surat lamaran pekerjaan. Namun di era digital yang berkembang pesat saat ini, kamu dapat memanfaatkan ChatGPT untuk membantu membuat surat lamaran pekerjaan yang berbeda dari biasanya.

Maklum belakangan ini ChatGPT semakin popular sebagai alat berbasis kecerdasan buatan untuk pembuatan konten. Namun sebenarnya ChatGPT juga dapat dimanfaatkan mereka yang sedang berusaha mencari pekerjaan untuk membuat surat lamaran pekerjaan.

1. Buka akun atau mendaftar ChatGPT

Cara menulis surat lamaran kerja menggunakan ChatGPT foto: openai

Jika belum memiliki akun, buka situs chat.openai.com. Kamu bisa mendaftar dan membuat akun baru dengan email kamu, termasuk menghubungkannya ke akun Gmail yang sudah ada.

Kamu membutuhkan akses ke ponsel karena akan menerima kode enam digit yang dikirim ke ponsel melalui SMS untuk mengonfirmasi pendaftaran. Setelah kamu mengonfirmasinya, kamu siap untuk memulai.

Ketika berada di ChatGPT, kamu bisa menggunakan versi gratis, ChatGPT 3.5, atau membayar untuk akses ke ChatGPT 4. ChatGPT-4 mempunyai batas 25 pesan setiap tiga jam, dengan biaya USD20 atau sekitar Rp306 ribu per bulan.

2. Masukkan instruksi khusus

Cara menulis surat lamaran kerja menggunakan ChatGPT foto: openai

Sebelum meminta ChatGPT menulis konten surat lamaran, kamu perlu memberikan instruksi khusus. Pertama kamu dapat memasukkan nama. Lalu masukkan informasi tentang diri kamu seperti domisili, apa yang saat ini kamu lakukan untuk pekerjaan, tujuan dan minat kamu.

Kamu dapat mengubah instruksi khusus kapan saja, tetapi hanya akan memengaruhi jawaban yang diberikan setelah perubahan dibuat.

3. Menulis deskripsi pekerjaan

Cara menulis surat lamaran kerja menggunakan ChatGPT foto: openai

Setelah menyelesaikan instruksi khusus, saatnya untuk memberikan deskripsi pekerjaan yang dapat dirujuk oleh ChatGPT saat membuat surat lamaran. Ingat, kunci untuk menulis surat lamaran yang efektif adalah menjawab semua kebutuhan penting yang ditunjukkan dalam deskripsi pekerjaan.

Jika kamu menggunakan platform ChatGPT versi 3.5 gratis, tidak ada batasan jumlah pekerjaan yang dapat kamu minta untuk menulis surat lamaran. Kamu juga bisa meminta platform ini untuk membuat ulang jawaban jika kamu tidak suka dengan jawaban pertama.

4. Meminta ChatGPT menulis elemen-elemen surat lamaran

Cara menulis surat lamaran kerja menggunakan ChatGPT

Setelah kamu mengirimkan deskripsi pekerjaan, langkah selanjutnya adalah meminta surat lamaran.

Paragraf pengantar

Paragraf pertama adalah di mana kamu memberikan rincian dasar tentang siapa kamu dan mengapa kamu menginginkan pekerjaan tersebut. Kamu juga bisa memberikan gambaran umum mengapa kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut dan mengapa posisi ini menarik bagi kamu.

Kualifikasi kamu

Bagian selanjutnya dari surat lamaran adalah merangkum pengalaman dan kualifikasi kamu dan bagaimana hal itu berlaku untuk pekerjaan yang kamu lamar.

Kamu bisa menyertakan cerita tentang proyek atau situasi yang relevan untuk memberi manajer perekrutan atau perekrut beberapa wawasan tentang bagaimana kamu bekerja.

Jelaskan juga bagaimana kamu dapat menyelaraskan diri dengan nilai dan tujuan perusahaan

Pada bagian ini, gambarkan bahwa kamu memahami misi perusahaan dan telah melakukan riset tentang perusahaan yang dimaksud. Kamu juga bisa menyertakan faktor-faktor positif yang pernah kamu dengar tentang budaya perusahaan tersebut.

Paragraf penutup

Paragraf penutup harus menjadi rangkuman ketertarikan kamu pada pekerjaan tersebut. Berterima kasihlah kepada pembaca yang telah membaca surat lamaran kamu dan tunjukkan ketertarikan kamu untuk mendiskusikan posisi tersebut atau menjadwalkan wawancara.

(brl/red)