Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone

Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone

Cara transfer musik dari iPod lama

3. Menambahkan musik ke perpustakaan iTunes

Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone foto: unsplash/andres urena

Setelah mentransfer musik dari iPod ke komputer, kamu dapat mulai melakukan penyesuaian. Pertama, tambahkan musik dari iPod ke perpustakaan iTunes di PC Windows atau Mac. Perhatikan bahwa perpustakaan musik kamu muncul di app Apple Music karena iTunes tidak tersedia di macOS Catalina dan versi yang lebih baru.

Untuk menambahkan beberapa atau semua musik dari iPod ke perpustakaan iTunes, buka File > Tambahkan File ke Perpustakaan atau File > Tambahkan Folder ke Perpustakaan di iTunes untuk Windows. Jika kamu menggunakan Mac, buka File > Tambahkan ke Perpustakaan dari bar menu. Lalu, pilih file atau folder yang ingin kamu tambahkan. Kamu juga dapat menambahkan musik ke iTunes dengan menyeret file musik dari File Explorer atau Finder ke jendela iTunes.

Secara default, menambahkan item ke perpustakaan iTunes di Windows akan membuat referensi ke lokasi file saat ini. File asli tetap berada di lokasi saat ini. Dengan demikian, jika kamu memindahkan file asli, iTunes tidak akan melihatnya lagi.

Kamu dapat meminta iTunes untuk Windows membuat salinan setiap file dan menempatkannya ke dalam folder media iTunes. Memindahkan file asli tidak akan memengaruhi musik di perpustakaan iTunes kamu.

Untuk melakukannya, buka iTunes untuk Windows dan buka Edit > Preferensi. Klik tab Advanced dan centang kotak Salin file ke folder iTunes Media saat menambahkan ke perpustakaan. Untuk mengatur folder iTunes Media kamu ke dalam folder artis dan album, centang kotak Keep iTunes Media folder organized. Pilihan ini dicentang secara default di iTunes untuk Mac (pada Mojave dan sebelumnya).

Setelah diaktifkan, semua media yang ditambahkan ke perpustakaan iTunes kamu sejak saat itu akan disalin langsung ke folder media iTunes. Kini, kamu tidak perlu khawatir memindahkan file asli ke tempat lain. Ingatlah, media yang ditambahkan ke perpustakaan iTunes kamu sebelum mengaktifkan kotak centang tersebut masih menautkan ke file media asli.

Untuk menyalin file media yang tersisa yang ditautkan ke perpustakaan iTunes kamu, buka File > Perpustakaan > Atur Perpustakaan dan centang kotak Gabungkan file. Lalu, klik OK.

4. Membuat daftar putar di iTunes

Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone foto: freepik/rawpixel.com

Jika menggunakan daftar putar di iPhone, kamu dapat membuatnya di iTunes, yang akan diselaraskan ke iPhone. Prosedurnya tetap sama, baik saat kamu menggunakan Mac atau PC Windows.

Untuk membuat daftar putar, pilih lagu yang kamu inginkan dalam daftar putar. Kemudian klik kanan (klik Kontrol pada Mac) pada lagu yang dipilih dan pilih Tambahkan ke Daftar Putar > Daftar Putar Baru.

Untuk lagu-lagu yang serupa (seperti album), daftar putar dibuat dengan menggunakan nama artis dan judul album. Kamu harus memasukkan nama khusus jika membuat daftar putar dari berbagai lagu. Untuk mengubah nama daftar putar, klik pada judul dan ketik nama baru. Kamu juga dapat mengatur ulang lagu-lagu dalam daftar putar dengan menyeret dan melepaskannya ke posisi yang berbeda.

5. Mentransfer musik ke iPhone

Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone foto: unsplash/ben szymanski

Untuk mentransfer musik yang ditambahkan ke iPhone, pastikan iTunes atau Finder terbuka dan sambungkan perangkat kamu ke komputer. Kemudian, klik ikon perangkat di bilah alat iTunes atau pilih perangkat kamu dari bilah sisi Finder (di macOS Catalina dan versi yang lebih baru).

Jika ingin menyelaraskan konten dengan cepat ke iPhone, kamu dapat menggunakan iTunes untuk menyelaraskan seluruh perpustakaan musik. Atau, kamu juga dapat menyelaraskan daftar putar, artis, album, dan genre tertentu.

Jika kamu melihat pesan Ganti dan Selaraskan, ingatlah bahwa hal tersebut akan memungkinkan perpustakaan iTunes untuk mengganti semua yang ada di iPhone kamu.

Untuk menyelaraskan seluruh perpustakaan, klik Musik di bar samping di sebelah kiri di bawah Pengaturan. Jika menggunakan Finder di macOS, kamu akan menemukan pilihan Musik di panel kanan setelah kamu memilih perangkat.

Kemudian, pastikan untuk memilih Sinkronkan Musik di sebelah kanan dan pilih Seluruh perpustakaan musik. Sekarang, tekan tombol Terapkan di sudut kanan bawah. Jika sinkronisasi tidak dimulai, kamu dapat menekan tombol Sinkronisasi.

Sementara itu, jika kamu tidak menyukai iTunes dan ingin memperluas perpustakaan lama kamu, lihat aplikasi pengunduhan musik terbaik untuk iPhone dan Android.

Setelah mentransfer musik dari iPod kamu ke iTunes atau iPhone, pertimbangkan untuk menggunakan kembali iPod lama kamu sebagai pembaca ebook atau tempat koleksi musik sekunder.

(brl/red)