Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone

Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone

Techno.id - Kamu mungkin memiliki iPod lama yang sudah tak digunakan. Bisa jadi masih ada file musik favorit kamu di dalamnya. Kamu bisa mentransfer musik tersebut dari iPod lama ke komputer atau iPhone.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menganggap iPod tersebut sebagai drive eksternal tempat kamu mengambil musik. Setelah diekstrak dari iPod, kamu dapat menambahkan musik ke perpustakaan iTunes atau Apple Music dan bahkan menyelaraskannya dengan iPhone. Berikut caranya.

1. Mencegah iTunes atau Finder menyelaraskan secara otomatis dengan perangkat kamu

Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone foto: freepik/fabrikasimf

Pertama, kamu harus memastikan dapat mentransfer musik di iPod tanpa iTunes atau Finder menghapusnya saat menyelaraskan. Saat kamu menyambungkan perangkat ke iTunes atau Finder, musik di perpustakaan kamu akan secara otomatis diselaraskan ke perangkat. Kamu tidak dapat mendownload musik dari iPod (atau iPhone atau iPad) ke iTunes atau Music.

Jadi, jika kamu menyambungkan iPod ke komputer, musik di perangkat akan ditimpa dengan apa yang ada di iTunes atau perpustakaan Musik kamu.

Metode untuk mencegah iTunes menyelaraskan secara otomatis dengan iPod kamu sebagian besar sama untuk Windows dan Mac yang menjalankan Mojave atau yang lebih lama. Begini caranya.

1. Pastikan untuk melepaskan semua perangkat iOS dari komputer. Kemudian, buka iTunes di komputer.

2. Di Windows, buka Edit > Preferensi. Di Mac, buka iTunes > Preferensi.

3. Pada kedua platform, klik tab Perangkat dan centang kotak Cegah iPod, iPhone, dan iPad menyelaraskan secara otomatis.

4. Lalu klik OK dan tutup iTunes.

Namun, Mac yang menjalankan macOS Catalina dan yang lebih baru menggunakan Finder, bukan iTunes untuk menyelaraskan perangkat iOS. Karena itu, kamu harus membuka perangkat kamu di Finder setelah menyambungkannya menggunakan kabel USB dan hapus centang pada kotak Sinkronisasi secara otomatis saat iPhone tersambung.

2. Menyalin musik dari iPod ke komputer

Cara mentransfer musik dari iPod lama ke komputer atau iPhone foto: unsplash/cartoons plural

Sekarang, kamu dapat menyambungkan iPod ke komputer. Seharusnya iPod akan muncul sebagai drive di File Explorer di Windows dan Finder di Mac. Buka drive iPod dan arahkan ke folder iPod_Control > Music. Kamu akan melihat banyak folder yang diberi label dengan huruf F dan nomor. Jika drive iPod terlihat kosong, kamu perlu membuka file dan folder tersembunyi di komputer.

Pengguna Windows dapat mengklik tab View dan memilih opsi Hidden items. Pengguna Mac dapat menahan Cmd + Shift + Titik (.) untuk mengaktifkan atau menonaktifkan folder tersembunyi.

Sekarang, pilih semua folder di folder iPod_Control > Music dan salin dan tempel ke lokasi di hard drive kamu. Opsi ini akan mentransfer musik dari iPod ke komputer. Semua file memiliki nama file empat huruf acak.

Jika menggunakan PC Windows, kamu dapat melihat tag untuk setiap file musik di File Explorer. Jika tag tidak terlihat, aktifkan tag dengan menekan terus Alt + Shift + P untuk membuka panel detail. Atau, kamu dapat memilihnya dari tab View. Sayangnya, kamu tidak dapat melihat informasi tag pada Mac.

Setelah menyalin file, kamu dapat mengeluarkan iPod dan melepaskannya. Klik kanan pada drive iPod di File Explorer pada Windows dan pilih Keluarkan. Pengguna Mac harus mengeklik ikon iPod pada desktop dan pilih Keluarkan.

Sebelum memasukkan file ke iTunes di Windows, pastikan kamu mengetahui cara mengimpor file MP3 yang tidak valid ke iTunes di Windows.

(brl/red)