Cara mengisi daya smartphone lebih cepat dengan pengisian daya adaptif

Cara mengisi daya smartphone lebih cepat dengan pengisian daya adaptif

Techno.id - Seiring berjalannya waktu, ponsel pintar terus menjadi lebih pintar, dan itu termasuk cara mengisi daya baterainya. Baik Android maupun iOS kini hadir dengan beberapa fitur perawatan baterai yang baik, dapat memaksimalkan masa pakai baterai perangkat.

Masalahnya baterai lithium-ion di dalam ponsel pintar akan mengalami penuaan secara kimiawi. Baterai akan melemah seiring berjalannya waktu, dan itulah alasan mengapa kamu tidak akan mendapatkan masa pakai baterai yang sama setelah satu tahun seperti saat pertama kali membelinya.

Kamu dapat memeriksa kesehatan baterai saat ini. Fitur ini ada smartphone Android maupun iPhone. Pada smartphone Android (Samsung) untuk membuka fitur ini ada menu Pengaturan lalu buka bagian Perawatan baterai dan perangkat > Diagnostik > Diagnostik telepon, dan Status baterai. Sementara di iPhone ada di bagian Baterai dan Kesehatan baterai & Pengisian daya di menu Pengaturan.

Cara mengisi daya smartphone lebih cepat dengan pengisian daya adaptif foto: unsplash/pascal brandle

Faktor-faktor tertentu memengaruhi seberapa cepat baterai menua, termasuk suhu pengoperasian dan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk terisi penuh-dan di situlah pengisian daya pintar berperan.

Meskipun fitur-fitur ini memiliki nama yang berbeda tergantung pada ponsel yang kamu gunakan, semuanya bekerja dengan cara yang kurang lebih sama. Fitur-fitur ini akan memantau kebiasaan harian kamu dan menunda pengisian daya ponsel hingga penuh saat ponsel kamu diperkirakan akan tersambung dengan daya untuk waktu yang lama (semalaman, misalnya, atau saat kamu di kantor). Berikut ini cara mengaktifkan fitur tersebut, jika belum diaktifkan.

iPhone

Cara mengisi daya smartphone lebih cepat dengan pengisian daya adaptif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Buka Pengaturan, lalu pilih Baterai, yang menunjukkan tingkat baterai dan aktivitas ponsel kamu selama beberapa jam dan hari terakhir. Pilih Kesehatan Baterai & Pengisian Daya, lalu Pengoptimalan Pengisian Daya, untuk mengontrol cara pengisian daya ponsel kamu.

Kamu akan menemukan bahwa fitur ini diaktifkan secara default, tetapi kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya dari layar ini (Anda akan melihat pesan di layar ketika Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan diaktifkan). Jika kamu menggunakan salah satu model iPhone 15, kamu akan melihat pilihannya adalah Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan, Batas 80%, dan Tidak Ada. Pilihan 80 persen tidak tersedia pada iPhone yang lebih lama.

Pilih opsi Batas 80% jika kamu ingin meningkatkan masa pakai baterai ponsel. Saat terhubung ke daya, ponsel akan berhenti mengisi daya pada 80 persen, lalu mulai mengisi daya lagi pada 75 persen. Sesekali, ponsel akan dibiarkan mengisi daya hingga penuh, agar perkiraan masa pakai baterai tetap akurat.

Samsung Galaxy (Android)

Cara mengisi daya smartphone lebih cepat dengan pengisian daya adaptif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Fitur pengisian daya pintar ini juga tersedia di ponsel Samsung Galaxy, dan dalam hal ini disebut Lindungi baterai. Fitur ini diaktifkan secara default, seperti pada ponsel Apple, pada ponsel Samsung, batas pengisian daya biasanya diatur ke 85 persen.

Dari Pengaturan, buka Baterai dan perawatan perangkat, Baterai, dan Pengaturan baterai lainnya untuk menemukan sakelar Lindungi baterai. Pada ponsel Samsung, fitur ini tidak diaktifkan secara default, jadi kamu harus mengaktifkannya jika ingin menggunakannya, dan tidak ada pesan di layar yang memberi tahu kamu saat fitur ini diaktifkan.

(brl/red)