7 Cara efektif menghidupkan kembali ponsel dengan baterai tanam yang tidak mau diisi daya

7 Cara efektif menghidupkan kembali ponsel dengan baterai tanam yang tidak mau diisi daya

Techno.id - Saat ini hampir semua smartphpone menggunakan baterai tanam. Artinya baterai tersebut tidak bisa dilepas dari dalam smartphone. Ada kelebihan dan kekurangan menggunakan baterai tanam. Keuntungannya perangkat jadi lebih ringkas. Namun saat smartphone mengalami masalah baterai tidak dapat diisi daya meski kamu sudah menyolokkan ke sumber listrik, maka kamu tidak dapat melepas betari tersebut.

Berbeda dengan ponsel dengan baterai yang dapat dilepas, ketika terjadi masalah pada baterai maka kamu tinggal melepas baterai lalu memasukkan baterai cadangan untuk mengetahui apakah smartphone kamu bermasalah. Nah untuk mengatasi smartphone dengan baterai tanam yang tidak dapat diisi daya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Periksa stopkontak

7 Cara efektif menghidupkan kembali ponsel dengan baterai tanam yang tidak mau diisi daya foto: freepik/pvproductions

Kamu harus memastikan bahwa kamu menghubungkan adaptor pengisi daya ke stopkontak (soket) yang berfungsi. Jika tidak, ponsel tidak akan mengisi daya, apalagi untuk melakukan booting.

Jika soket daya atau pengisi daya kamu memiliki lampu indikator, pastikan lampu tersebut menyala. Jika tidak, coba colokkan alat lain ke stopkontak untuk mengetahui apakah alat tersebut berfungsi.

Jika alat lain tidak berfungsi, kamu telah menemukan penyebabnya. Itu berarti stopkontak tidak berfungsi. Coba stopkontak lain untuk melihat apakah pengisi daya tersebut dapat mengisi daya ponsel kamu.

2. Coba pengisi daya lain

7 Cara efektif menghidupkan kembali ponsel dengan baterai tanam yang tidak mau diisi daya foto: freepik/user20678629

Ponsel baterai yang tidak dapat dilepas yang tidak mengisi daya bisa jadi disebabkan kerusakan pengisi daya yang tidak kompatibel. Setelah memastikan bahwa kamu memiliki stopkontak yang berfungsi, hal berikutnya untuk menghidupkan kembali ponsel baterai yang tidak dapat dilepas adalah mencoba pengisi daya baru. Bisa jadi adaptor pengisi daya atau kabel USB rusak.

Pastikan kamu menggunakan pengisi daya asli bawaan ponsel. Jika kamu baru saja mendapatkan penggantinya, pastikan pengisi daya tersebut sudah disesuaikan untuk perangkat kamu. Pengisi daya dari merek lain terkadang tidak dapat digunakan pada beberapa perangkat.

Selanjutnya, mulailah dengan mengganti kabel USB dengan yang lain jika kamu memiliki beberapa kabel USB. Jika masih tidak dapat mengisi daya perangkat, coba adaptor pengisi daya yang lain. Terakhir, jika tidak ada yang berhasil, saatnya menguji pengisi daya dengan ponsel lain. Kamu dapat menggunakan pengisi daya untuk mengisi daya ponsel teman untuk mengetahui apakah pengisi daya tersebut berfungsi.

3. Mengisi daya ponsel untuk sementara waktu

7 Cara efektif menghidupkan kembali ponsel dengan baterai tanam yang tidak mau diisi daya foto: freepik/fabrikasimf

Setelah mengesampingkan pengisi daya sebagai penyebab ponsel kamu tidak mau mengisi daya atau hidup, sekarang saatnya untuk fokus pada ponsel yang mati. Mulailah dengan mengisi daya ponsel selama beberapa jam.

Mungkin sulit bagi baterai kamu untuk mengisi daya secara instan ketika daya baterai sudah habis. Jika kamu sudah cukup lama mengalami masalah dengan pengisi daya, ikuti prosedur berikut ini.

1. Pastikan pengisi daya berfungsi (kamu dapat mencobanya dengan ponsel lain terlebih dahulu), kemudian hubungkan ke ponsel kamu.

2. Sekarang, biarkan ponsel terisi daya selama beberapa jam. Mungkin perlu beberapa menit atau beberapa jam dalam banyak kasus, tetapi jangan mencabutnya.

(brl/red)