3 Penyebab utama baterai iPhone cepat habis, begini cara memperbaikinya

3 Penyebab utama baterai iPhone cepat habis, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Baterai iPhone kamu terkuras lebih cepat dari yang seharusnya? Banyak faktor yang memengaruhi kinerja baterai iPhone. Sebagian besar pengurasan baterai disebabkan cara kamu menggunakan iPhone. Berikut adalah tiga alasan paling umum mengapa baterai iPhone terkuras lebih cepat dari yang seharusnya.

1. Masalah GPS

3 Penyebab utama baterai iPhone cepat habis, begini cara memperbaikinya foto: unsplash/maxim hopman

Chip GPS pada iPhone sangat bagus untuk bernavigasi. Namun dalam kebanyakan kasus, GPS adalah penyebab utama baterai iPhone lebih cepat habis. Kebanyakan orang selalu mengaktifkan layanan Lokasi di iPhone mereka. Namun mereka tidak mengetahui berapa banyak daya baterai yang disedotnya.

GPS, ketika digunakan dengan WiFi, tidak memengaruhi daya tahan baterai karena jaringan WiFi dengan mudah memberikan gambaran kasar kepada aplikasi di iPhone tentang lokasi kamu tanpa memerlukan koneksi dengan satelit melalui chip GPS.

Namun, ketika kamu tidak terhubung ke jaringan WiFi, satu-satunya sumber iPhone untuk mendapatkan lokasi kamu adalah melalui GPS. Ketika layanan Lokasi diaktifkan, iPhone mencoba membuat koneksi konstan dengan satelit GPS di luar angkasa untuk mendapatkan lokasi perangkat kamu.

Hal ini akan menjadi lebih buruk ketika kamu berada di dalam ruangan, dan sinyal GPS lemah. iPhone mengonsumsi daya baterai 20% lebih banyak ketika mencoba membuat koneksi GPS di area di mana sinyal GPS lemah.

Cara memperbaiki masalah GPS adalah dengan menggunakannya secara hati-hati. Saat kamu berada di dalam ruangan dan tidak tersambung ke jaringan WiFi, nonaktifkan layanan Lokasi pada iPhone dengan membuka Pengaturan>Privasi>Layanan Lokasi.

2. Terlalu banyak aplikasi

3 Penyebab utama baterai iPhone cepat habis, begini cara memperbaikinya foto: unsplash/yura fresh

Kemungkinan besar kamu memiliki banyak aplikasi yang terinstal di iPhone. Namun, kenyataannya kamu hanya menggunakan kurang dari 25% dari semua aplikasi di perangkat. Setiap aplikasi yang kamu instal di iPhone menghabiskan baterai, termasuk aplikasi yang sebenarnya tidak kamu perlukan.

Cara memperbaikinya adalah dengan sesekali kamu tinjau kembali aplikasi yang telah diinstal di iPhone. Hapus aplikasi yang jarang kamu buka.

3. Sinyal selular lemah

3 Penyebab utama baterai iPhone cepat habis, begini cara memperbaikinya foto: freepik

Jika kamu tinggal di daerah dengan sinyal selular yang lemah, kamu akan menyadari bahwa baterai iPhone lebih cepat habis. Hal ini karena iPhone kamu terus mendorong lebih banyak sumber daya untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik yang pada gilirannya menghabiskan daya baterai.

Hal ini akan menjadi lebih buruk ketika kamu mengaktifkan layanan LTE atau 5G. Sebagai informasi, layanan LTE dan 5G membutuhkan banyak baterai. Ketika sinyal lemah dan kamu berada di jaringan LTE atau 5G, maka baterai akan terkuras lebih cepat.

Cara memperbaikinya, jika kamu tidak dapat menghindari area di mana sinyal selular lemah, pertimbangkan untuk beralih ke jaringan 2G/3G. Di daerah di mana LTE atau 5G lemah, sinyal 3G mungkin akan baik, dan jika sinyal 3G juga buruk, beralihlah ke jaringan 2G untuk penerimaan selular yang lebih baik dan masa pakai baterai. Untuk beralih antara 5G, LTE, 3G dan 2G pada iPhone, buka Pengaturan > Data Seluler > Opsi Data Seluler.

(brl/red)