6 Masalah umum yang sering terjadi pada baterai smartphone Android, begini cara mengatasinya

6 Masalah umum yang sering terjadi pada baterai smartphone Android, begini cara mengatasinya

Techno.id - Masalah daya tahan baterai ponsel Android dapat membuat penggunaan ponsel hampir tak dapat bertahan seharian. Banyak perangkat kehabisan daya seiring waktu.

Namun, jika kamu baru membeli ponsel dan sudah mengalami masalah, inilah saatnya mencari solusi. Apakah ponsel kamu mengisi daya terlalu lambat atau terlalu cepat habis, ada beberapa cara untuk memperbaikinya. Berikut masalah umum yang sering terjadi pada baterai smartphone Android dan begini cara mengatasinya.

1. Mengisi daya terlalu lambat

6 Masalah umum yang sering terjadi pada baterai smartphone Android, begini cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel

Ketika ponsel Android mengisi daya terlalu lambat, sering kali ada masalah dengan kabel, adaptor, atau port USB pada ponsel. Kamu dapat mencoba adaptor dan kabel yang berbeda dan mencoba membersihkan port USB. Khususnya, jika ponsel kamu mendukung pengisian daya cepat, pastikan pengisi daya mengeluarkan daya pada tingkat yang sama atau lebih tinggi dari yang dibutuhkan ponsel.

Misalnya, jika ponsel kamu mendukung pengisian daya 30W dan kamu menggunakan pengisi daya 20W, ponsel akan mengisi daya pada 20W dan membutuhkan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Jika kamu menggunakan pengisi daya 40W, ponsel akan mengisi daya pada kecepatan maksimum 30W.

2. Mengisi daya lebih lambat

6 Masalah umum yang sering terjadi pada baterai smartphone Android, begini cara mengatasinya foto: freepik/pe_jo

Kamu mungkin memiliki ponsel dengan pengisian daya cepat, tetapi tidak mendapatkan kecepatan pengisian daya yang diharapkan. Jika sudah memeriksa adaptor, kabel, dan port USB, mungkin ini adalah masalah yang berbeda. Ada dua metode yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah ini.

Aktifkan Safe Mode. Mode aman mem-boot perangkat Android kamu ke dalam lingkungan yang membatasi aplikasi pihak ketiga untuk berjalan. Mengaktifkan mode aman Android dapat mengatasi masalah pengisian daya yang lambat jika disebabkan perangkat lunak yang tidak berfungsi.

Mengisi daya saat ponsel mati. Jika mengisi daya ponsel kamu setelah reboot atau booting dalam mode aman tidak menyelesaikan masalah, kamu dapat mencoba mengisi daya saat ponsel dimatikan. Ini hanya akan berfungsi untuk perangkat tertentu, karena banyak ponsel yang lebih baru tidak mengizinkan pengisian daya saat dimatikan.

3. Mengisi daya terlalu cepat

6 Masalah umum yang sering terjadi pada baterai smartphone Android, begini cara mengatasinya foto: freepik/vlarvix

Meskipun penggunaan yang berat dapat dengan cepat menguras baterai ponsel, kamu mungkin mengalami baterai yang terlalu cepat habis. Jika kamu menggunakan ponsel secara normal dan mengaktifkan Baterai Adaptif, tetapi baterai menurun lebih cepat dari biasanya, ada beberapa cara yang dapat kamu coba untuk memperbaikinya.

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa penggunaan baterai Android. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai. Ini akan menunjukkan aplikasi yang kamu gunakan dan berapa banyak baterai yang mereka gunakan, dengan menempatkan pengguna terberat di bagian atas.

Ketuk salah satu aplikasi di bagian Penggunaan Baterai dan ketuk Paksa berhenti untuk menonaktifkannya sementara. Selain itu, kamu dapat mengatur status aplikasi ke Dioptimalkan atau Dibatasi untuk mengurangi penggunaan baterai aplikasi saat ponsel dalam keadaan diam.

Kamu juga dapat menyesuaikan beberapa pengaturan yang relevan untuk memperlambat laju pengosongan baterai Android. Dua pengaturan yang dapat membantu adalah Kecerahan Adaptif dan Penghemat Baterai.

Untuk mengaktifkan Kecerahan Adaptif, buka Pengaturan > Tampilan dan aktifkan Kecerahan Adaptif. Untuk mengaktifkan Penghemat Baterai, buka Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai dan aktifkan Gunakan Penghemat Baterai.

(brl/red)