Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB

Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB

Menghubungkan kontroler PS5 ke PC

Cara menghubungkan pengontrol PS5 ke PC dengan Bluetooth

Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB foto:pcmag.com

Jika lebih suka menggunakan nirkabel, kamu dapat memasangkan kontroler DualSense dengan PC melalui Bluetooth. Kamu hanya perlu menekan beberapa tombol tertentu pada kontroler agar keduanya terkoneksi. Begini caranya.

1. Tekan tombol Windows pada keyboard untuk membuka menu Start.

2. Ketik Bluetooth, lalu tekan enter.

3. Pada jendela yang terbuka, alihkan sakelar di samping Bluetooth ke posisi Aktif.

4. Klik tombol Tambah perangkat baru.

5. Pilih Bluetooth di jendela baru yang muncul.

6. Periksa apakah indikator pemutar pada DualSense (lampu depan) dimatikan.

7. Jika indikator pemutar menyala, tekan dan tahan tombol PS hingga mati.

8. Tekan dan tahan tombol Create di bagian kiri atas depan pengontrol DualSense, lalu tekan dan tahan tombol PS hingga bilah lampu mulai berkedip.

9. Saat bilah lampu berkedip, DualSense akan muncul di daftar menu Bluetooth Add new device pada PC kamu.

10. Klik opsi DualSense dalam daftar Bluetooth pada PC kamu.

11. Klik tombol Pair untuk menghubungkan pengontrol dan PC.

Ingat, kamu hanya dapat memasangkan DualSense ke satu perangkat dalam satu waktu. Karena kontroler tidak terhubung ke USB, baterainya akan habis seperti biasa selama bermain game. Karena itu kamu harus mencolokkannya ke komputer atau PS5 untuk mengisi ulang daya.

Fitur pengontrol PS5 yang didukung pada PC

Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB foto: pcmag.com

Selain secara umum nyaman dipegang dan digunakan, kontroler DualSense terkenal dengan berbagai fitur tambahannya, termasuk touchpad, kontrol gerak, dan umpan balik haptic. Semua fitur canggih kontroler DualSense tersebut bisa digunakan saat bermain game PC sangat bergantung pada beberapa faktor. Apakah sudah ada pemetaan fitur DualSense untuk game yang ingin kamu mainkan?

Secara umum, jika kamu memainkan game di PC yang juga tersedia di PS5 seperti Marvel's Spider-Man, Death Stranding, Final Fantasy VII Remake, dan lain sebagainya, dan kamu menonaktifkan pengubah input eksternal seperti Steam Input, maka fitur-fitur canggih tersebut akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Namun, jika kamu memainkan game atau perangkat lunak lain, maka fitur-fiturnya tidak akan berfungsi, setidaknya tidak secara bawaan. Kamu membutuhkan pembungkus XInput seperti DualSenseX untuk mengaktifkan fitur-fitur tersebut secara manual. Itu pun tidak menjamin fitur-fitur tersebut berfungsi baik.

Kontroler PS5 tidak dapat tersambung ke PC, ketahui penyebabnya

Cara menghubungkan kontroler PS5 ke PC, bisa nirkabel atau gunakan sambungan USB foto: playstation.com

Meskipun PC Windows telah menjadi jauh lebih akomodatif terhadap perangkat keras Sony daripada sebelumnya, tapi terkadang kedua perangkat kurang kompatibel satu sama lain. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebabnya baik saat kamu menggun akan kabel USB ataupun sambungan Bluetooth.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah pengontrol kamu dipasangkan ke perangkat yang berbeda, seperti PS5. DualSense kamu hanya dapat dipasangkan dengan sinyal Bluetooth ke satu perangkat dalam satu waktu. Karena itu pastikan PS5 kamu benar-benar dimatikan sebelum mencoba memasangkannya ke PC. Jika PS5 kamu dalam keadaan hidup, maka akan mengganggu sinyal Bluetooth.

Jika kamu mencoba menggunakan koneksi yang sulit, penyebabnya mungkin karena perangkat keras yang rusak. Mungkin ada masalah dengan port USB tertentu yang ingin kamu sambungkan. Jika tidak, kabel USB DualSense kamu mungkin rusak. Coba sambungkan ke port yang berbeda atau gunakan kabel yang berbeda untuk membuat sambungan.

(brl/red)