Cara menghilangkan iklan Chrome di laptop, browsing jadi lebih nyaman

Cara menghilangkan iklan Chrome di laptop, browsing jadi lebih nyaman

Techno.id - Browsing atau berselancar dalam dunia maya merupakan salah satu aktivitas yang memiliki banyak tujuan. Mulai dari mencari informasi penting, mendapatkan kabar terkini, hingga memperoleh hiburan bisa dilakukan dengan mudah saat berselancar menggunakan browser. Keperluan tersebut bisa dilakukan dengan mudah karena banyak developer software yang menyediakan aplikasi browser.

Salah satu aplikasi browser yang telah masyhur namanya adalah Chrome. Aplikasi bikinan Google ini sudah melekat hampir di semua perangkat baik smartphone, laptop, komputer, bahkan Mac series. Namun saat menggunakan Chrome sebagai peramban khususnya di laptop, sering kali muncul iklan yang mengganggu.

Bagi beberapa orang yang menggunakan Chrome, menemukan iklan saat browsing jadi hal biasa. Iklan bisa saja ditanggapi berbeda, ada yang biasa saja dan adajuga beberapa orang yang terganggu dengan adanya iklan di dalam Chrome. Tak jadi masalah, sudah ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan iklan mengganggu yang muncul di dalam Chrome.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (1/12), cara menghilangkan iklan Chrome di laptop.

Cara menghilangkan iklan Chrome di laptop

Cara menghilangkan iklan Chrome di laptop, browsing jadi lebih nyaman

foto: pexels.com

Menghilangkan iklan Chrome di laptop, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun yang efektif untuk digunakan setidaknya ada dua cara. Sejatinya cara yang ada bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Chrome sudah mendukung fitur penghilangan iklan saat kamu sedang berselancar. Untuk mulai menghilangkan iklan Chrome di laptop, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Menggunakan Setting Chrome

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di Chrome adalah mengubah pengaturan browser. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Chrome sudah mendukung fitur penghilangan iklan yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Kamu hanya perlu sedikit mengubah pengaturan yang ada agar iklan yang muncul bisa berkurang. Untuk mulai mengubah pengaturan pada Chrome, kamu bisa simak ulasan berikut.

1. Buka Chrome pada laptop kamu kemudian masuk ke titik tiga pada pojok kanan.
2. Masuk menu Setting lalu masuk ke bagian Privacy and security.
3. Scroll ke bagian bawah hingga menemukan Site settings lalu buka.
4. Pada bagian Site settings, scroll lagi ke bawah dan cari bagian Content kemudian klik Additional content settings.
5. Pilih menu Ads kemudian ubah pengaturan Default behavior menjadi Block ads on sites that show intrusive or misleading ads.

2. Menggunakan ekstensi Google

Selain melalui pengaturan, kamu juga bisa menambahkan ekstensi Google untuk menghilangkan iklan yang ada di Chrome saat browsing menggunakan laptop. Cara ini tentu sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Kamu perlu menambahkan ekstensi yang ada pada Chrome untuk menghilangkan iklan yang mengganggu. Untuk mulai menggunakan ekstensi Google pada Chrome, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Buka Chrome web store pada browser yang kamu gunakan.
2. Pada kolom pencarian, ketikkan Adblock lalu Enter.
3. Akan muncul banyak jenis Adblock yang tersedia di Chrome web store. Kamu bisa memilih salah satu yang dianggap sesuai.
4. Jika sudah klik Tambahkan ke Chrome.
5. Buka Adblock yang telah ditambahkan sebelumnya, lalu masuk ke bagian Option.
6. Ubah pengaturan agar iklan yang ada tidak dimunculkan.
7. Jika sudah tutup ekstensi tersebut.

Perlu diperhatikan, iklan yang dihapus baik menggunakan Setting maupun ekstensi Google tidak semuanya hilang. Tujuan Chrome menghadirkan pengaturan yang telah dibahas adalah menghilangkan iklan yang membahayakan. Bisa jadi dalam iklan yang ada disisipi malware atau virus lainnya. Maka dari itu, Google mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan menghadirkan pengaturan yang dapat menghapus iklan berbahaya pada Chrome saat digunakan.


(brl/guf)