Cara menghemat baterai perangkat Android, hentikan aplikasi penguras daya   

Cara menghemat baterai perangkat Android, hentikan aplikasi penguras daya   

Techno.id - Perangkat Android memiliki daya tahan baterai yang cukup baik saat ini. Tetapi masih ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkannya. Menemukan faktor yang menghabiskan baterai dan menghentikannya, akan membantu perangkat Android kamu bertahan lebih lama.

Apa yang menguras baterai

Cara menghemat baterai perangkat Android, hentikan aplikasi penguras daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Penggunaan baterai per aplikasi dapat ditemukan di perangkat Android dengan membuka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai, atau Pengaturan > Baterai dan Perawatan Perangkat > Baterai pada perangkat Samsung Galaxy.

1. Usap ke bawah sekali atau dua kali, tergantung pada perangkat Android, ketuk ikon roda gigi.

2, Sekarang buka Baterai > Penggunaan Baterai.

3. Kamu dapat melihat aplikasi yang menggunakan baterai paling banyak sejak pengisian daya terakhir, ditunjukkan dengan persentase.

4. Gulir ke bawah untuk melihat penggunaan aplikasi sistem.

5. Pada perangkat Samsung Galaxy, kamu dapat melihat daftar yang sama dengan membuka Pengaturan > Baterai dan Perawatan Perangkat > Baterai.

6. Kamu akan melihat tiga aplikasi pertama dalam daftar, lalu ketuk Lihat Detail; untuk melihat ikhtisar lengkapnya.

Ini adalah cara termudah untuk mengetahui aplikasi yang menggunakan baterai lebih banyak dari yang seharusnya. Jika kamu menemukan sebuah aplikasi menggunakan lebih banyak baterai daripada yang seharusnya, kamu dapat mencoba mencari versi Lite dari aplikasi tersebut.

Cara menghentikan aplikasi yang menguras baterai

Cara menghemat baterai perangkat Android, hentikan aplikasi penguras daya foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Aplikasi Android dapat dimasukkan ke dalam tiga mode pengoptimalan baterai yakni Tidak Dibatasi, Dioptimalkan, dan Dibatasi. Mode-mode tersebut dapat dialihkan dari halaman informasi aplikasi pada menu Pengaturan.

1. Buka Pengaturan dan masuk ke bagian Aplikasi dan pilih aplikasi dari daftar (misalnya Instagram).

2. Pilih Baterai atau Penggunaan Baterai Aplikasi.

3. Kamu dapat melihat tiga mode pengoptimalan. Pilih salah satu dari yang berikut ini.

Tidak dibatasi. Izinkan penggunaan baterai di latar belakang tanpa batasan. Mungkin menggunakan lebih banyak baterai.

Dioptimalkan. Mengoptimalkan berdasarkan penggunaan. Direkomendasikan untuk sebagian besar aplikasi.

Dibatasi. Membatasi penggunaan baterai saat berada di latar belakang. Aplikasi mungkin tidak bekerja seperti yang diharapkan. Pemberitahuan mungkin tertunda.

4. Aplikasi yang menguras baterai kamu harus dimasukkan ke mode Dioptimalkan atau Dibatasi. Perlu diingat bahwa membatasi penggunaan baterai aplikasi dapat menimbulkan konsekuensi yang mengganggu.

(brl/red)