Cara download dan memperbarui aplikasi di perangkat Android

Cara download dan memperbarui aplikasi di perangkat Android

Techno.id - Google Play, juga dikenal sebagai Play Store, adalah etalase digital Android tempat pengguna dapat mengunduh aplikasi Android dan banyak lagi. Setelah membuka Play Store, beberapa tab di bagian bawah layar memungkinkan kamu menavigasi penawaran.

Coba lihat apa yang direkomendasikan Google Play, peringkat teratas untuk melihat apa yang sedang popular, atau kategori untuk menggali lebih dalam area tertentu. Jika kamu sudah menemukan aplikasi yang ingin diunduh, kamu tinggal menginstalnya.

Cara mengunduh dan menginstal aplikasi di Android

Cara download dan memperbarui aplikasi di perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara termudah untuk mendapatkan aplikasi Android baru adalah dengan menggunakan bilah pencarian di bagian atas Google Play. Ketuk dan ketik apa yang kamu cari dan akan melihat saran saat mengetik.

Setelah mengetuk saran atau enter di keyboard, daftar hasil akan muncul. Di samping nama setiap aplikasi, kamu akan melihat info dasar seperti pengembangnya, peringkat pengguna, dan jumlah unduhan.

Jika kamu ingin mempersempit pencarian, gunakan tombol di bagian atas untuk menetapkan Peringkat minimum, hanya menampilkan aplikasi Premium (berbayar), dan lainnya.

Bergantung pada penelusuran, kamu mungkin melihat hasil bersponsor atau kotak info besar untuk aplikasi yang sangat popular. Ketuk nama aplikasi untuk membuka halaman Play Store-nya, yang berisi banyak informasi tentangnya. Selain info dasar yang ditampilkan sebelumnya, kamu juga akan melihat tangkapan layar, deskripsi aplikasi, ulasan pengguna, informasi untuk menghubungi pengembang, dan aplikasi serupa.

Bagian Tentang aplikasi ini adalah yang paling berguna, karena berisi ringkasan lengkap tentang apa yang dilakukan aplikasi, bersama dengan bagian info aplikasi yang menunjukkan kapan aplikasi terakhir diperbarui, ukuran unduhan, izin Android yang diminta, dan sejenisnya.

Ketuk tombol Instal berwarna hijau untuk mengunduh aplikasi ke perangkat dan menginstal semuanya dalam satu langkah. Perhatikan bahwa jika kamu membuka halaman aplikasi untuk aplikasi yang sudah diinstal, kamu akan melihat tombol untuk Mencopot Pemasangan, dan Membuka atau Memperbarui.

Jika kamu melihat permintaan untuk menerima daftar izin aplikasi di sini, berhati-hatilah, karena kamu mengunduh aplikasi lama yang tidak dirancang untuk sistem izin modern Android. Sebagian besar aplikasi Android akan meminta izin yang diperlukan saat muncul selama penggunaan.

(brl/red)