Begini cara mengaktifkan dan menggunakan Google Maps di Apple CarPlay

Begini cara mengaktifkan dan menggunakan Google Maps di Apple CarPlay

Techno.id - Kamu mungkin sering menggunakan Google Maps saat mengendarai mobil. Google Maps kerap menjadi opsi navigasi saat berkendara. Jika selama ini kamu memanfaatkan smartphone Android untuk mengakses Google Maps, tahu nggak kalau Google Maps juga tersedia sebagai opsi navigasi di Apple CarPlay?

Terpenting, selama kamu memiliki akses ke Google Maps di iPhone dan mobil kamu menggunakan Apple CarPlay yang biasanya menjadi bagian dari sistem infotainment, maka kamu dapat beralih ke layanan pemetaan Google tersebut.

Inilah yang harus kamu lakukan agar Google Maps dapat berfungsi pada sistem CarPlay di mobil kamu.

Begini cara mengaktifkan dan menggunakan Google Maps di Apple CarPlay foto: apple.com

1. Perbarui iOS iPhone kamu ke versi terbaru

2. Perbarui juga aplikasi Google Maps

3. Setelah selesai, buka Pengaturan>Umum>CarPlay pada iPhone kamu dan pilih mobil kamu. Kemudian ketuk Sesuaikan. Setelah itu kamu akan melihat daftar aplikasi di mana Google Maps menjadi salah satu ikon yang tersedia. Jika kamu tidak ingin aplikasi ini berada di halaman dua tampilan dalam mobil kamu, seret ikon tersebut menggunakan tiga garis di sebelah kanan ke bagian atas daftar.

4. Hubungkan ponsel ke port USB di mobil kamu atau sambungkan secara nirkabel jika memiliki opsi tersebut. Kamu akan melihat layar CarPlay muncul dengan Google Maps yang tersedia.

5. Ketuk Google Maps dan kamu dapat mengatur tujuan dengan cara yang sama seperti yang kamu lakukan pada Apple Maps.

6. Perlu juga dicatat jika kamu memulai rute di ponsel, rute tersebut akan muncul juga di layar mobil.

(brl/red)