Cara menggunakan Ambient Mode di YouTube dan ini fungsinya

Cara menggunakan Ambient Mode di YouTube dan ini fungsinya

Techno.id - Jika kamu menghabiskan waktu berjam-jam menonton konten YouTube, platform ini memiliki fitur Ambient Mode untuk membantu meningkatkan pengalaman menonton di perangkat selular dan desktop.

Ambient Mode YouTube memungkinkan kamu menonton konten berlama-lama tapi tanpa mengalami kelelahan mata. Mode ini menambahkan warna gradien ke latar belakang layar kamu saat menonton video YouTube.

Fitur ini mengambil warna dari video YouTube yang kamu tonton dan menambahkannya dengan tekstur gradien yang lembut-seolah-olah warna video bocor ke bagian sekitar pemutar video.

Ambient Mode bersifat dinamis dan langsung memperbarui warna latar belakang setiap kali warna berubah dalam video sehingga pengalaman menonton kamu lebih imersif. Karena sifatnya, fitur ini hanya berfungsi dalam mode gelap.

Karena itu, mulailah dengan mengaktifkan mode gelap di YouTube sebelum beralih ke bagian berikutnya. Disarankan untuk memperbarui aplikasi YouTube di selular untuk memastikan kamu menjalankan versi terbaru, untuk berjaga-jaga jika kamu tidak melihat opsinya.

Cara menggunakan Ambient Mode di YouTube untuk Android dan iOS

Cara menggunakan Ambient Mode di YouTube dan ini fungsinya foto: freepik/wichayada

Mengaktifkan mode gelap di YouTube akan secara otomatis mengaktifkan Ambient Mode. Namun, kamu dapat mematikan fitur tersebut. Berikut caranya.

1. Ketuk video YouTube mana pun untuk mulai diputar.

2. Ketuk layar untuk menampilkan opsi kontrol.

3. Ketuk ikon Pengaturan di kanan atas. Ini akan menampilkan menu pop-up.

4. Di menu pop-up, ketuk Pengaturan tambahan.

5. Kemudian ketuk Ambient Mode untuk menonaktifkan fitur tersebut. Kamu akan melihat pesan pop-up Ambient Mode is off yang mengonfirmasi bahwa fitur tersebut telah dinonaktifkan.

Jika kamu ingin mengaktifkan kembali fitur ini, ikuti langkah yang sama. Salah satu batasan yang harus kamu perhatikan tentang Ambient Mode adalah tidak berfungsi untuk video offline kecuali kamu memiliki koneksi internet aktif. Jika mengunduh video YouTube dan memutarnya, kamu bahkan tidak akan melihat opsi Ambient Mode di menu pop-up pengaturan.

(brl/red)