Cara mudah menyematkan video di Slide Google, bikin tampilan presentasi kamu lebih interaktif

Cara mudah menyematkan video di Slide Google, bikin tampilan presentasi kamu lebih interaktif

Techno.id - Menambahkan video ke dalam presentasi Google Slide adalah cara yang bagus untuk membuat audiens tertarik dengan materi kamu. Kamu bisa menambahkan video YouTube, atau mengunggah video dari akun Google Drive kamu ke Google Slide cukup mudah. Begini cara melakukannya.

Cara menyematkan video YouTube di Google Slide

Jika kamu ingin menambahkan video YouTube untuk membuat presentasi kamu lebih menarik atau menjelaskan topik yang rumit menggunakan visual, ikuti langkah-langkah berikut.

Cara mudah menyematkan video di Slide Google, bikin tampilan presentasi kamu lebih interaktif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka YouTube dan temukan video yang ingin kamu sisipkan dalam presentasi.

2. Klik URL video pada bilah alamat dan tekan Ctrl + C untuk menyalinnya.

3. Buka presentasi kamu di Google Slide.

4. Klik Sisipkan dan pilih video dari menu yang muncul.

5. Pada tab YouTube, tempel URL yang disalin ke dalam bidang URL dan klik Enter.

6. Pilih video dari hasil pencarian dan klik Sisipkan.

7. Selesai, video YouTube sekarang disematkan dalam presentasi kamu.

Cara memasukkan video ke dalam Slide Google

Tidak ada cara langsung untuk memasukkan video non-YouTube ke dalam Google Slide. Kamu harus terlebih dahulu mengunggah video ke Google Drive dan kemudian memasukkannya ke dalam presentasi Google Slides. Berikut cara melakukannya.

Cara mudah menyematkan video di Slide Google, bikin tampilan presentasi kamu lebih interaktif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Google Drive dan klik tombol Baru di sudut kiri atas. Pilih Unggah File dari menu.

2. Pilih video yang ingin kamu sisipkan ke dalam presentasi Google Slides dan klik Buka.

3. Buka presentasi Google Slides dan arahkan ke slide tempat kamu ingin menyisipkan video.

4. Klik Sisipkan di bilah atas dan pilih Video.

5. Beralih ke tab Google Drive.

6. Pilih video dan klik tombol Sisipkan

Cara mengedit video yang disematkan di Google Slide

Cara mudah menyematkan video di Slide Google, bikin tampilan presentasi kamu lebih interaktif foto: freepik/rawpixel.com

Saat kamu menyematkan video di Google Slide, video akan diputar dari awal. Namun, kamu mungkin ingin menyesuaikan pemutaran video dengan mengatur waktu mulai dan akhir tertentu, membisukan audio, atau menambahkan efek bayangan.

Untungnya, Google Slides menawarkan berbagai opsi pengeditan yang dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan pemutaran video agar sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini semua opsi penyesuaian yang dapat kamu lakukan pada video.

1. Kamu dapat menggunakan opsi Pemutaran video untuk mengonfigurasi waktu mulai dan berakhirnya video, membisukan audio, dan memilih apakah akan memutar video secara otomatis ketika slide muncul atau secara manual dengan mengkliknya.

2. Opsi Ukuran & Rotasi memungkinkan kamu mengubah lebar dan tinggi video. Kamu juga dapat dengan mudah menyeret video dari sudut mana pun untuk menambah atau mengurangi ukurannya, tetapi menggunakan opsi Ukuran & Rotasi dapat membantu jika kamu menginginkan video dalam dimensi tertentu.

3. Opsi Posisi memungkinkan kamu untuk mengubah posisi video. Kamu dapat memilih posisi di antara bagian tengah dan sudut kiri atas slide.

4. Kamu dapat menggunakan opsi Drop shadow untuk membuat video lebih menarik secara visual. Namun, pastikan untuk mencentang kotak Drop shadow setelah menyesuaikan pengaturan, atau opsi ini tidak akan berfungsi.

Setelah melakukan perubahan, kamu dapat membagikan presentasi atau menjelajahi cara lain untuk membuatnya lebih interaktif menggunakan tampilan presenter.

(brl/red)