Sekarang kreator bisa menjeda komentar pada video YouTube, minimalisir tanggapan yang tidak pantas

Sekarang kreator bisa menjeda komentar pada video YouTube, minimalisir tanggapan yang tidak pantas

Techno.id - Kolom komentar di media sosial atau platform streaming video dapat menjadi tempat komunitas, arena pujian sekaligus "medan pembantaian" dengan tanggapan-tanggapan negatif. Nah untuk menghadirkan tantangan moderasi tersebut, YouTube berusaha menemukan keseimbangan dengan mengumumkan fitur kontrol komentar tambahan untuk para kreator, terutama dengan opsi menjeda komentar. Sebelumnya YouTube telah menguji coba fitur ini dan sekarang meluncurkannya untuk semua orang.

Opsi untuk menjeda ini memungkinkan komentar yang sudah ada tetap terlihat tanpa mengizinkan akun lain untuk mengirim komentar lagi. Sebelumnya, kreator hanya dapat menonaktifkan komentar dari saluran mereka atau meninjau setiap komentar sebelum memposting.

Tidak seperti pengaturan tinjauan, jeda menghentikan komentar apa pun yang masuk sama sekali, menghilangkan risiko penumpukan atau melihat komentar negatif dan tidak pantas.

YouTube juga telah mengatur ulang dan mengganti nama beberapa pengaturan komentar, serta menambahkan fitur jeda. Sekarang, kreator akan melihat tiga pilihan di bawah pengaturan komentar, Aktif, Jeda, dan Nonaktif.

Opsi moderasi yang lebih spesifik muncul ketika komentar diaktifkan, dimulai dengan Basic, yang menampung komentar yang mungkin tidak pantas untuk ditinjau. Lalu ada Strict, yang menjaring komentar yang lebih luas tentang komentar mana yang harus ditinjau terlebih dahulu, dan Hold All, yang memungkinkan kreator meninjau dan menyetujui setiap komentar sebelum mereka mempostingnya secara publik. Kreator juga dapat memilih untuk mengaktifkan komentar tanpa filter tambahan ini.

(brl/red)