Cara mengetahui ponsel cerdas sedang mengisi daya dengan kecepatan maksimum

Cara mengetahui ponsel cerdas sedang mengisi daya dengan kecepatan maksimum

Techno.id - Saat ini hampir semua ponsel cerdas modern menawarkan kemampuan pengisian cepat. Hanya saja, tidak semua produsen menyertakan adapator pengisian cepat pada kotak pembelian. Lantas, bagaimana kamu bisa mengetahui jika ponsel cerdas Anda sedang mengisi daya pada kecepatan maksimumnya? Beberapa ponsel cerdas membuatnya lebih mudah daripada yang lain, karena menampilkan notifikasi Pengisian cepat di layar kunci.

Namun, meskipun ponsel cerdas kamu tidak menampilkan pesan seperti itu, ada cara lain untuk memeriksa apakah ponsel kamu benar-benar sedang diisi dayanya secara maksimal.

Periksa isyarat visual atau suara

Cara mengetahui ponsel cerdas sedang mengisi daya dengan kecepatan maksimum foto: freepik/vitalii-petrushenko

Misalnya, Nothing Phone (2) menampilkan teks Mengisi daya dengan cepat ketika perangkat benar-benar mengisi daya dengan cepat. Ponsel Android lain juga menampilkan hal serupa.

Pabrikan lain menggunakan solusi yang berbeda. Jadi cara terbaik adalah melihat situs web pabrikan atau manual ponsel untuk mengetahui bagaimana hal itu menunjukkan bahwa pengisian cepat aktif. Namun, Apple tidak memiliki fitur seperti itu di iPhone. Jadi tidak ada cara untuk mengetahuinya dengan pasti kecuali kamu menggunakan metode lain.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Cara mengetahui ponsel cerdas sedang mengisi daya dengan kecepatan maksimum foto: play.google.com

Tetapi jika ponsel cerdas kamu tidak memberikan indikasi visual atau suara, maka masih ada cara untuk mengetahui seberapa cepat pengisian dayanya. Buka toko aplikasi ponsel dan instal Ampere di iOS atau Android.

Aplikasi yang berguna ini mengukur arus dan tegangan pengisian yang masuk, yang dapat kamu gunakan untuk menghitung watt. Sebagai contoh, ketika kamu menggunakan ponsel cerdas dengan pengisi daya yang dapat mengirimkan 5V pada 3A, 9V pada 2A, atau 12V pada 1,5 A. Menggunakan Ampere, kamu dapat melihat angka kasar yang menunjukkan bahwa perangkat mengisi daya pada 5V dan 3000mAh. Jadi menggunakan output 5V/3A, yaitu 15W, dan itu adalah pengisian daya tercepat yang dapat dilakukan ponsel. Karena itu perangkat tersebut mencantumkan pengisi daya 15W.

(brl/red)