Cara mengetahui informasi baterai dan siklus pengisian daya di beberapa merek ponsel Android

Cara mengetahui informasi baterai dan siklus pengisian daya di beberapa merek ponsel Android

Techno.id - Sangat penting untuk mengetahui kesehatan baterai ponsel, baik jumlah siklus pengisian daya, kapasitas aktual, atau suhunya. Bahkan baterai pada smartphone terbaik pun akan menurun seiring dengan penggunaan dari waktu ke waktu.

Karena itu mengawasi detail baterai akan membantu kamu memperpanjang masa pakainya. Meskipun beberapa skin Android memungkinkan kamu melakukan cara ini secara native, namun bagi sebagian orang, malah sedikit lebih rumit. Begini cara memeriksa kesehatan baterai di beberapa merek ponsel Android.

Memeriksa statistik pengurasan baterai dasar di Android

Android dan skin pabrikan menyediakan detail pengurasan dan pengisian daya baterai yang belum sempurna. Di bawah ini adalah metode untuk menemukan informasi baterai dasar pada beberapa merek ponsel Android.

1. Sebagian besar perangkat Android

Kamu dapat melihat angka baterai pada sebagian besar ponsel Android dengan membuka Pengaturan > Baterai.

2. Google Pixel

Cara mengetahui informasi baterai dan siklus pengisian daya di beberapa merek ponsel Android foto: google

Buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan baterai untuk melihat rincian pengisian dan pengurasan daya baterai Pixel Anda.

3. Xiaomi

Buka Pengaturan > Baterai & kinerja. Di sini kamu dapat melihat angka pengurasan dan pengisian daya baterai. Kamu juga bisa menggunakan dialer ponsel dengan mengetik *#*#6485#*#*.

Setelah beberapa detik, layar Info Baterai dan Pengisi Daya akan muncul dengan daftar entri yang mewakili aspek baterai perangkat kamu. MB_06 menunjukkan kesehatan baterai perangkat kamu.

4. Samsung

Cara mengetahui informasi baterai dan siklus pengisian daya di beberapa merek ponsel Android foto: techno.id/yani andriyansyah

Buka Pengaturan > Perawatan perangkat atau Baterai dan perawatan perangkat > Diagnostik atau Baterai untuk melihat grafik pengisian dan pengurasan daya baterai ponsel Samsung kamu.

Atau, buka aplikasi Samsung Members, ketuk Dukungan > Diagnostik telepon > Status Baterai. Ini akan menampilkan kondisi utama baterai ponsel kamu.

5. OnePlus

Untuk memeriksa statistik baterai dasar pada ponsel OnePlus, buka Pengaturan > Baterai.

6. Vivo

Buka Pengaturan > Baterai untuk melihat detail baterai dasar. Ketuk Penggunaan baterai untuk melihat grafik konsumsi daya dari waktu ke waktu.

Membaca grafik diagnostik

Cara mengetahui informasi baterai dan siklus pengisian daya di beberapa merek ponsel Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun halaman baterai semua perangkat Android sedikit berbeda, tetapi semua halaman tersebut akan menampilkan proyeksi waktu yang tersisa sebelum perangkat mencapai daya 0% dan grafik konsumsi daya yang menggambarkan rentang pengisian dan pengosongan daya.

Jika baterai ponsel kamu cepat habis, ada beberapa perbaikan yang diketahui dan mudah untuk menguras baterai ponsel. Grafik yang muncul juga akan membantu kamu mendiagnosis apakah ponsel Android kamu mengisi daya dengan lambat.

(brl/red)