Cara membersihkan 4 komponen penting ponsel, lakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan perangkat

Cara membersihkan 4 komponen penting ponsel, lakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan perangkat

Techno.id - Membersihkan ponsel secara teratur baik untuk perawatan. Sebab, ponsel bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membersihkan ponsel secara rutin untuk menjaga kebersihan dan mencegah penyebaran infeksi.

Frekuensi membersihkan ponsel bergantung pada berbagai faktor seperti penggunaan, lingkungan, dan preferensi pribadi. Namun, para ahli menyarankan untuk membersihkan ponsel, setidaknya sekali sehari atau seminggu sekali. Berikut beberapa bagian ponsel yang wajib kamu bersihkan secara rutin.

1. Cara membersihkan port pengisian daya

Cara membersihkan 4 komponen penting ponsel, lakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan perangkat foto: freepik

Membersihkan port pengisian dayaponsel adalah tugas penting untuk memastikan perangkat mengisi daya dengan benar. Seiring waktu, debu, kotoran dapat menumpuk di port pengisian daya, sehingga menghalangi sambungan antara kabel pengisi daya dan perangkat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk membersihkan port pengisian daya ponsel.

1. Matikanponsel

Sebelum membersihkan port pengisian daya, pastikan kamu mematikan ponsel untuk menghindari kemungkinan kerusakan.

2. Menggunakan senter

Dengan menggunakan senter, periksa port pengisi daya dari kotoran yang terlihat seperti serat atau debu.

3. Gunakan sikat gigi

Ambil sikat gigi berbulu lembut dan sikat perlahan bagian dalam port pengisi daya untuk menghilangkan kotoran yang terlepas.

4. Gunakan udara bertekanan

Jika menyikat tidak menghilangkan semua kotoran, gunakan udara bertekanan untuk mengeluarkan partikel yang tersisa dari port pengisi daya.

5. Gunakan tusuk gigi kayu atau plastik

Jika ada partikel yang sulit dihilangkan di port pengisi daya, gunakan tusuk gigi kayu atau plastik untuk mengikisnya dengan lembut.

6. Hindari penggunaan cairan

Jangan gunakan cairan seperti air atau larutan pembersih untuk membersihkan port pengisian dayaponsel karena dapat merusak perangkat.

7. Sambungkan kembali pengisi daya

Setelah membersihkan port pengisian daya ponsel, sambungkan kembali pengisi daya untuk memastikannya berfungsi dengan benar.

2. Cara membersihkan speaker

Cara membersihkan 4 komponen penting ponsel, lakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan perangkat foto: freepik/biblikhaus

Membersihkan speaker ponsel juga merupakan tugas penting untuk memastikan kualitas suara perangkat tetap optimal. Seiring waktu, debu dan kotoran dapat menumpuk di kisi-kisi speaker, menyebabkan suara teredam atau bahkan kegagalan audio total. Berikut adalah beberapa tips tentang cara membersihkan speaker ponsel.

1. Gunakan sikat berbulu lembut

Salah satu cara termudah untuk membersihkan speaker iPhone Anda adalah dengan menggunakan sikat berbulu lembut. Sikat grill (kawat pelindung) speaker dengan lembut untuk menghilangkan kotoran atau kotoran yang mungkin menumpuk di dalamnya.

2.Gunakan udara bertekanan

Udara bertekanan dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel di dalam kisi-kisi speaker. Pegangponsel secara terbalik dan gunakan tabung udara bertekanan untuk meniupkan udara ke dalam kisi-kisi speaker. Berhati-hatilah untuk tidak memegang tabung terlalu dekat dengan ponsel karena dapat menyebabkan kerusakan.

3. Gunakan sikat gigi

Sikat gigi dengan bulu lembut juga dapat digunakan untuk membersihkan grill speaker. Celupkan sikat gigi ke dalam air hangat dan gosok grill speaker dengan lembut untuk menghilangkan kotoran.

4. Gunakan kain mikrofiber

Kain mikrofiber dapat digunakan untuk menyeka kotoran atau kotoran di permukaan kisi-kisi speaker ponsel. Seka perlahan permukaan grill speaker dengan kain hingga bersih.

5. Hindari menggunakan cairan

Penting untuk menghindari penggunaan cairan saat membersihkan kisi-kisi speaker ponsel karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

(brl/red)