Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu

Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu

Cara menonaktifkan notifikasi

Cara mematikan notifikasi dari aplikasi apa pun di Android

Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ada dua cara untuk mematikan notifikasi dari aplikasi tertentu di Android. Jika kamu ingin mengubah pengaturan notifikasi aplikasi melalui pengaturan, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan > Aplikasi > Lihat semua aplikasi.

2. Di sini, kamu dapat melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Android kamu. Gulir dan ketuk aplikasi yang ingin kamu sesuaikan notifikasinya.

3. Daftar semua jenis notifikasi yang dapat dikirim oleh aplikasi akan muncul. Aktifkan atau nonaktifkan setiap jenis notifikasi sesuai keinginan. Perubahan ini tergantung pada aplikasi yang kamu pilih. Misalnya kamu memilih Instgaram, maka ketuk Intagram, pada bilah pemberitahuan Instagram kamu nonaktifkan (izinkan notifikasi).

4. Kamu juga dapat memilih sakelar notifikasi utama untuk menonaktifkan semua notifikasi aplikasi.

Kamu juga dapat mengubah pengaturan notifikasi aplikasi dengan mengetuk dan menahan notifikasi dari aplikasi tersebut. Berikut ini cara mengubah pengaturan notifikasi untuk aplikasi melalui notifikasi dari aplikasi tersebut.

1. Saat kamu melihat notifikasi, ketuk dan tahan notifikasi.

2. Di sini, kamu dapat mengetuk Prioritas, Default, Senyap, atau ikon roda gigi pengaturan di kanan atas.

3. Ketuk roda gigi pengaturan untuk membuka menu Pemberitahuan aplikasi untuk aplikasi tersebut.

Cara mematikan notifikasi layar kunci

Cara mengatur dan menonaktifkan notifikasi aplikasi di smartphone Android biar gak mengganggu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk mencegah Android menampilkan notifikasi pada layar kunci begini caranya.

1. Buka Pengaturan > Pemberitahuan.

2. Ketuk Pemberitahuan pada layar kunci lalu Jangan tampilkan pemberitahuan apa pun.

3. Kamu juga dapat memilih Sembunyikan percakapan dan notifikasi senyap. Pilihan ini akan mencegah aplikasi apa pun yang dibisukan untuk menampilkan notifikasi apa pun di layar kunci. Ini berbeda dengan menonaktifkan Notifikasi sensitif, yang akan menampilkan notifikasi tetapi menyembunyikan detailnya.

(brl/red)