Begini cara kerja Android Doze untuk mengoptimalkan baterai dan cara menonaktifkannya  

Begini cara kerja Android Doze untuk mengoptimalkan baterai dan cara menonaktifkannya  

Techno.id - Semua orang ingin mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama pada smartphpone mereka. Meskipun mereka dapat mengoptimalkan penggunaan baterai secara manual sampai batas tertentu,tetapi tetap saja muncul kekhawatiran mengenai daya tahan baterai yang menurun.

Karena itu Google pun menyertakan pengoptimal baterai sendiri untuk Android yang disebut Doze, sebagai bagian dari sistem operasi. Meskipun fitur ini sangat bermanfaat, tetapi juga dapat mengganggu fungsionalitas di beberapa aplikasi. Inilah yang perlu kamu ketahui tentang Doze dan cara menonaktifkannya untuk aplikasi tertentu.

Apa Itu pengoptimalan baterai Doze?

Begini cara kerja Android Doze untuk mengoptimalkan baterai dan cara menonaktifkannya foto: freepik/odvut studio

Jika kamu belum tahu, pengoptimalan baterai adalah sebuah fungsi yang dikenal dengan nama Doze yang ada di Android 6.0 Marshmallow dan yang lebih baru. Fungsi ini menjaga daya tahan baterai dengan membatasi apa yang dapat dilakukan aplikasi di latar belakang.

Aplikasi ini menggunakan apa yang disebut wakelock untuk menjaga perangkat tetap hidup meskipun kamu tidak menggunakannya secara aktif. Secara default, Android ingin masuk ke mode tidur nyenyak saat layar kamu mati, tetapi ini bisa menimbulkan masalah untuk beberapa aplikasi.

Misalnya, kamu tidak ingin musik Spotify berhenti diputar hanya karena layar ponsel mati. Oleh karena itu, pengembang aplikasi menggunakan wakelock untuk menjaga layanan mereka tetap hidup saat dibutuhkan.

Meskipun wakelock itu penting, pengembang dapat menyalahgunakannya. Inilah sebabnya mengapa Facebook dan banyak aplikasi lain menghabiskan baterai Android kamu di latar belakang. Doze membantu memperbaiki masalah ini dengan menyediakan jendela pemeliharaan terbatas yang memungkinkan aplikasi memeriksa sesekali, bukan terus-menerus. Semakin lama ponsel kamu tidak aktif, semakin banyak waktu yang berlalu di antara jendela-jendela ini.

Dalam banyak kasus, ini adalah fitur yang bagus. Tetapi untuk aplikasi yang mengandalkan koneksi stabil, ini bisa menimbulkan masalah. Untungnya, kamu dapat mematikannya.

(brl/red)