Cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci, tak perlu panik apalagi datang ke service center

Cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci, tak perlu panik apalagi datang ke service center

Techno.id - Laptop merupakan sebuah perangkat yang memiliki banyak sekali fungsi. Dengan alat satu ini, pengguna bisa dengan mudah menyelesaikan pekerjaan, mencari akses hiburan, hingga bermain game dengan lancar. Dengan banyaknya kegunaan sebuah laptop, maka tidak heran jika banyak orang mengincar perangkat tersebut untuk dijadikan daily driver.

Saat mengoperasikan sebuah laptop, tentu ada saja kejadian tidak menyenangkan yang bisa terjadi. Salah satu mimpi buruk yang tidak pernah diharapkan datang adalah saat keyboard laptop terkunci. Saat keyboard laptop terkunci, tentu tidak banyak yang bisa dilakukan. Pasalnya, keyboard yang notabene alat pengetikan pada laptop merupakan separuh nyawa dari perangkat tersebut.

Kendati demikian, tentu ada saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang terkunci. Dengan mengatasi masalah tersebut, laptop bisa digunakan dengan normal kembali.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (8/12), cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci.

Cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci.

Cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci, tak perlu panik apalagi datang ke service center

foto: isorepublic.com

Untuk mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci, pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Setiap cara yang ada memang tidak dijamin akan berhasil saat dicoba. Namun tidak ada salahnya menjajal beberapa cara yang ada barangkali berhasil di laptop kamu. Untuk mulai menilik cara mengatasi keyboard laptop yang terkunci, kamu bisa menyimak ulasan berikut.

1. Non-aktifkan Filter Keys.

Filter Keys merupakan salah satu fitur yang ada pada pengaturan keyboard. Kamu perlu menilik pengaturan Filter Keys yang ada di laptop barangkali salah pengaturan tersebut yang menyebabkan keyboard terkunci. Untuk mulai menilik pengaturan Filter Keys, kamu bisa ikuti langkah berikut.

1. Ketikkan Control Panel pada kolom pencarian kemudian masuk ke Ease of Access.
2. Buka Ease of Access Center kemudian masuk Make the keyboard easier to use.
3. Scroll ke bawah kemudian pilih Set up Filter Keys.
4. Uncheck Turn on Filter Keys pada menu Turn on Filter Keys when right SHIFT is pressed for 8 seconds.
5. Klik Apply kemudian OK.

2. Update atau install ulang driver keyboard.

Masalah lain yang bisa menyebabkan keyboard kamu terkunci secara mendadak juga bisa dikarenakan driver yang lawas. Dengan mengupdate atau bahkan menginstal ulang driver keyboard laptop, kamu mungkin bisa mengatasi masalah tersebut. Pada dasarnya mengupdate atau menginstal ulang driver keyboard bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa simak langkah berikut untuk mengupdate driver keyboard laptop.

1. Ketikkan Device Manager pada kolom pencarian kemudian cari bagian Keyboard.
2. Klik kanan pada Driver Keyboard kemudian pilih Update Driver Software.
3. Klik Search automatically for updated driver software dan ikuti panduan yang ada.
4. Restart laptop yang kamu miliki dan periksa ulang keyboard perangkat tersebut.


(brl/tin)