Cara mempercepat atau memperlambat video di iPhone agar konten lebih menarik diposting di media sosial

Cara mempercepat atau memperlambat video di iPhone agar konten lebih menarik diposting di media sosial

Techno.id - Saat merekam video matahari terbit atau terbenam, kamu mungkin ingin mempercepatnya agar terlihat lebih menarik sebelum diposting ke media sosial. Atau mungkin juga kamu ingin memperlambat video konser.

Ada beberapa alasan mengapa pengguna ingin menyesuaikan kecepatan video hasil rekaman mereka yang diambil melalui kamera iPhone. Tentu, jika kamu memposting di Instagram, kamu dapat mempercepat video secara langsung menggunakan aplikasi Instagram.

Namun, bagaimana jika kamu mencari cara yang lebih sederhana untuk melakukannya? Untungnya, apa pun masalahnya, ada beberapa cara untuk mempercepat atau memperlambat video.

Kamu dapat menggunakan mode kamera internal iPhone untuk merekam video Slo-mo atau selang waktu, dan bahkan mempercepat video gerakan lambat. Namun, bagaimana jika kamu ingin memperlambat atau mempercepat video yang telah kamu rekam? Dalam situasi seperti itu, kamu dapat menggunakan aplikasi pengeditan Apple sendiri, iMovie, atau aplikasi pengeditan pihak ketiga. Berikut caranya.

Menggunakan iMovie

Cara mempercepat atau memperlambat video di iPhone agar konten lebih menarik diposting di media sosial foto: apps.apple.com

Meskipun aplikasi iMovie sudah diinstal sebelumnya di perangkat iPhone yang lebih baru, kamu mungkin tanpa sadar telah menghapusnya untuk mengosongkan ruang penyimpanan iPhone. Jadi, sebelum mulai, pastikan untuk membuka App Store dan mengunduh iMovie. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyesuaikan kecepatan video menggunakan iMovie.

1. Luncurkan aplikasi iMovie.

2. Ketuk Film di bawah panel Mulai Proyek Baru.

3. Pilih video yang ingin kamu percepat atau perlambat dari galeri dan ketuk Buat Film di bagian bawah. Jika kamu ingin menyesuaikan kecepatan proyek yang ada, cukup buka saja.

4. Ketuk klip video lalu pilih tombol Kecepatan dari inspektur di bagian bawah layar. Setelah melakukannya, bilah kuning akan diterapkan.

5. Jika kamu ingin mempercepat video, cukup tahan penggeser dan seret ke arah kanan. Perlu diingat bahwa peningkatan kecepatan maksimum yang dapat kamu terapkan adalah 2x.

6. Demikian pula, jika kamu ingin memperlambat video, tahan penggeser dan seret ke arah kiri. Ingatlah bahwa kecepatan paling lambat yang dapat kamu terapkan adalah 1/8x.

7. Setelah selesai, ketuk tempat mana pun.

8. Ketuk Selesai di pojok kiri atas layar.

9. Ketuk ikon Bagikan di bagian bawah layar, lalu pilih Bagikan Video.

10. Sekarang, pilih Simpan Video.

Sesederhana itu.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cara mempercepat atau memperlambat video di iPhone agar konten lebih menarik diposting di media sosial foto: apps.apple.com

Jika kamu ingin meningkatkan kecepatan video melebihi 2x atau memperlambatnya melebihi 1/8x, kamu juga dapat menggunakan salah satu aplikasi iPhone pengeditan video yang tersedia, salah satunya CapCut.

Meskipun langkah-langkahnya akan berbeda tergantung pada aplikasi pengeditan, namun dengan menggunakan CapCut yang populer dapat ditinjau dengan baik. Begini caranya.

1. Unduh dan luncurkan aplikasi CapCut.

2. Buka proyek yang sudah ada atau ketuk Proyek Baru.

3. Jika kamu menggunakan CapCut untuk pertama kalinya, berikan akses ke galeri foto iPhone kamu dengan mengetuk Izinkan Akses Penuh pada pop-up yang muncul.

4. Sekarang, pilih video yang ingin kamu percepat atau perlambat dan ketuk tombol Tambah di sudut kanan bawah layar.

5. Ketuk klip video dan pilih ikon Kecepatan dari bilah alat di bagian bawah.

6. Sekarang, kamu akan melihat dua opsi, Normal dan Curve. Ketuk Normal.

7. Setelah melakukannya, cukup tahan dan seret penggeser ke kiri untuk memperlambat video atau ke kanan untuk mempercepatnya. Kecepatan paling lambat yang dapat kamu capai adalah 0,1x, dan kecepatan tercepat adalah 100x.

8. Setelah puas dengan kecepatan video, ketuk ikon centang di kanan bawah.

9. Untuk menyimpan video ke rol kamera, cukup ketuk ikon simpan yang terletak di sudut kanan atas perangkat kamu.

Meskipun iMovie memungkinkan kamu mempercepat video hingga maksimum 2x, dengan CapCut, kamu dapat mempercepat video hingga 100x.

(brl/red)