Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar

Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar

Techno.id - Layar iPhone dan iPad diatur untuk berputar sesuai cara pengguna memegang perangkat. Bisa dalam mode lansekap maupun potret. Tapi ada kalanya layar tersebut justru terkunci pada satu mode dan tidak mau berputar meski pengguna sudah memutar perangkat tersebut. Berikut beberapa cara untuk memperbaiki masalah kunci orientasi iPhone atau iPad.

Matikan kunci orientasi iPhone

Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar foto: techno.id/yani andriyansyah

Jika layar iPhone kamu terjebak dalam mode potret dan tidak mau berputar ke lansekap meski kamu sudah memegang ponsel ke arah samping, Kunci Orientasi Potret mungkin penyebabnya. Kamu bisa menonaktifkan kunci ini dari Pusat Kontrol iOS.

Jika kamu menggunakan perangkat iPhone X dengan takik, usap ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk membuka Control Center. Jika kamu menggunakan perangkat iPhone 8 atau perangkat yang lebih lama dengan tombol Home fisik, usap ke atas dari bagian bawah layar untuk membuka Control Center.

Di Control Center, cari ikon yang terlihat seperti kunci dengan lingkaran di sekelilingnya. Jika Kunci Orientasi Potret diaktifkan, ikon ini akan ditampilkan dengan latar belakang putih. Ketuk tombol Portrait Orientation Lock untuk menonaktifkannya.

Kamu akan melihat pesan Portrait Orientation Lock: Mati di bagian atas Control Center. Sekarang, ketika kamu memutar iPhone ke samping, perangkat iOS akan beralih ke format lansekap.

Matikan kunci rotasi iPad

Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar foto: unsplash/roberto nickson

Tidak seperti iPhone, iPad dapat dikunci dalam orientasi lanskap dan potret. Inilah sebabnya mengapa fitur ini disebut Kunci Rotasi pada iPad. Untuk mematikan Kunci Rotasi pada iPad, kamu bisa menggunakan metode yang sama seperti pada iPhone.

Perlu diingat bahwa proses untuk mengakses Control Center di iPad berbeda berdasarkan versi iOS (atau iPadOS). Jika kamu menggunakan iOS 12, iPadOS 13, atau yang lebih baru, usap ke bawah dari sudut kanan atas layar.

Jika kamu menggunakan iOS 11, klik dua kali tombol Rumah untuk membuka Pengalih Aplikasi dan area Pusat Kontrol di sebelah kanan. Jika kamu menggunakan iOS 10 dan yang lebih lama, usap ke atas dari bagian bawah layar.

Sekarang, ketuk tombol Rotation Lock (tombol ini memiliki ikon gembok dengan lingkaran di sekelilingnya) untuk mengalihkan kunci rotasi. Sekali lagi, tombol akan ditampilkan dengan latar belakang putih ketika diaktifkan dan pesan Rotation Lock: Off akan ditampilkan apabila dinonaktifkan.

Mulai ulang aplikasi

Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar foto: unsplash/sebastian bednarek

Jika kamu telah menonaktifkan Kunci Orientasi atau Rotasi, namun masih menghadapi masalah yang sama. Hal berikutnya yang harus diperiksa adalah aplikasi yang kamu gunakan.

Jika aplikasi yang dimaksud macet, kamu harus keluar dan memulai ulang aplikasi. Untuk melakukannya, pertama-tama kamu harus mengakses App Switcher di iPhone atau iPad.

Jika kamu menggunakan salah satu iPhone atau iPad yang lebih baru tanpa tombol Home, gesek ke atas dari bilah Utama dan tahan beberapa saat untuk membuka Pengalih Aplikasi. Jika iPhone atau iPad kamumemiliki tombol Home, klik dua kali.

Sekarang, cari aplikasi yang ingin kamu hentikan, lalu usap ke atas pada pratinjau. Cari aplikasi dari layar Utama dan buka lagi. Jika masalahnya ada pada aplikasi, kamu seharusnya sudah dapat memutar layar iPhone atau iPad.

(brl/red)