4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting

4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting

Techno.id - Biasanya, pengguna Apple lebih jarang mengganti iPad mereka dibanding iPhone. Sementara banyak orang akan memilih iPhone baru setiap dua tahun atau bahkan setiap tahun.

Sebaliknya, pengguna iPad cenderung mempertahankan tablet mereka setidaknya selama 2 hingga 4 tahun. Dalam periode tersebut, beberapa model iPad baru dan beberapa pembaruan perangkat lunak biasanya dirilis. Hal ini menyebabkan iPad lama akan mengalami penurunan kinerja.

Untungnya, kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi masalah kinerja iPad yang melambat. Berikut ini caranya.

1. Mulai ulang iPad

4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting foto: freepik/snowing

Menghidupkan ulang perangkat adalah strategi yang sering digunakan saat memecahkan masalah. Memang cara ini tidak selalu berhasil. Tetapi potensi agar iPad lebih cepat performanya juga cukup besar.

Saat memulai ulang, iPad akan memeriksa RAM dan menghapus file memori jangka pendek yang tersimpan di CPU. Kamu tidak akan kehilangan data berharga, tetapi RAM akan berjalan lebih efisien dan dengan demikian meningkatkan kinerja iPad secara keseluruhan.

Untuk menghidupkan ulang perangkat, tekan dan tahan tombol atas. Saat slide restart muncul, usap slide tersebut. Kamu dapat menahan tombol itu lagi untuk menghidupkan iPad kembali.

Kamu akan tahu jika cara tersebut berhasil saat logo Apple muncul di layar. Jika kamu menggunakan iPad yang lebih baru yang tidak memiliki tombol Home, prosesnya sama. Kamu juga bisa menahan salah satu dari dua tombol volume bersamaan dengan tombol atas untuk menarik penggeser restart.

Jika iPad macet atau slider restart tidak muncul, kamu harus melakukan restart paksa. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol atas dan tombol Home secara bersamaan hingga logo Apple muncul di layar. Jika tidak ada tombol Home, caranya sedikit lebih sulit. Tekan dan lepaskan tombol volume atas lalu tombol volume bawah dengan cepat sebelum menekan dan menahan tombol atas. Kamu dapat melepaskan tombol atas setelah logo Apple muncul dan iPad kamu dimulai ulang.

2. Memperbarui iPadOS

4 Metode ini bisa mempercepat performa iPad lama, mulai ulang dan hapus file yang tidak penting foto: unsplash/miguel tomas

Metode lain untuk mempercepat iPad lama adalah dengan memperbarui perangkat lunaknya. Selain menambal kekurangan atau bug yang dapat menghambat kinerja, versi iPadOS yang lebih baru sering kali menyertakan fitur yang dapat mempercepat perangkat serta cara yang lebih efisien untuk menjalankan perangkat lunak yang ada. Memiliki perangkat lunak yang lebih baru dapat memberikan iPad peningkatan kinerja.

Namun yang perlu diingat, setiap model iPad memiliki batas versi OS yang dapat digunakan secara efektif. Jika versinya terlalu baru, justru versi tersebut akan memperlambat iPad atau bahkan membuatnya sama sekali tidak berfungsi.

Sebagai contoh, empat generasi pertama iPad tidak kompatibel dengan iPadOS 16, yang keluar pada tahun 2022. Begitu juga dengan dua generasi pertama iPad Air atau empat generasi pertama iPad Mini. Jika kamu masih memiliki salah satu model tersebut, kamu tidak akan dapat menjalankan perangkat lunak terbaru.

Untuk memperbarui OS iPad, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Kamu harus memastikan ruang penyimpanan yang tersisa di tablet cukup untuk mengunduh pembaruan.

(brl/red)