Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar

Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar

Cara mengatasi layariPhone dan iPad tidak mau berputar

Mulai ulang iPhone atau iPad

Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar foto: unsplash/elena-mozhvilo

Jika masalah terus berlanjut di beberapa aplikasi, mungkin ada bug pada iPhone atau iPad. Biasanya, reboot sederhana dapat mengatasi masalah tersebut.

Pada iPhone atau iPad dengan perangkat lunak Bilah Utama, kamu bisa melukannya dengan tekan dan tahan Volume Naik' atau Volume Turun bersama dengan Tombol Samping untuk membuka menu Geser ke Matikan.

Sementara pada iPhone dan iPad dengan tombol Home fisik, kamu bisa menekan dan menahan Tombol Tidur/Bangun. Geser ke Daya Mati untuk mematikan perangkat.

Kemudian, tekan Tombol Tidur/Bangun atau Tombol Samping untuk menyalakan perangkat iOS atau iPadOS. Selagi kamu melakukannya, kamu mungkin ingin mencoba menghidupkan ulang iPhone secara paksa untuk mengetahui apakah hal tersebut dapat mengatasi masalah. Setelah iPhone atau iPad melakukan boot ulang, masalah ini seharusnya sudah teratasi.

Atur ulang semua pengaturan

Cara memperbaikinya layar iPhone atau iPad tidak mau berputar foto: unsplash/frankie

Jika masalah masih berlanjut, kamu bisa mencoba mengatur ulang pengaturan iOS atau iPadOS. Kamu bisa mengatur ulang semua pengaturan termasuk koneksi Wi-Fi dan pengaturan jaringan.

Ini juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi beberapa masalah dan bug iOS atau iPadOS yang tidak dapat diidentifikasi, salah satunya adalah masalah kunci rotasi. Buka aplikasi Pengaturan dan masuk ke Umum > Atur Ulang. Lalu ketuk Atur Ulang Semua Pengaturan.

Pada layar berikutnya, masukkan kode sandi perangkat kamu untuk mengonfirmasi pengaturan ulang semua pengaturan. Setelah iPhone atau iPad melakukan boot ulang, masalah rotasi layar seharusnya sudah teratasi.

Jika tidak, kamu bisa memilih opsi terakhir yakni dengan menu Hapus Semua Konten dan Pengaturan untuk memulai. Tetapi menggunakan opsi ini akan menghapus semua data pribadi dan aplikasi. Karena itu sebelum mengambil langkah ini sebaiknya kamu membuat cadangan data terlebih dahulu.

(brl/red)