Cara cek kecepatan internet di smartphone, laptop, dan komputer, akurat dan tepat

Cara cek kecepatan internet di smartphone, laptop, dan komputer, akurat dan tepat

Techno.id - Akses internet kini bisa didapatkan hampir di mana saja. Dengan adanya koneksi internet yang lancar, tidak sedikit pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Meski terbilang bisa memudahkan pekerjaan banyak orang, namun internet juga memiliki kekurangan.

Tak jarang koneksi internet mengalami penurunan kecepatan saat sedang digunakan. Maka dari itu, telah tersedia berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan internet. Cara mengetahui kecepatan internet bisa dilakukan di berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, dan komputer.

Meski tidak mengubah kecepatan jaringan, namun memeriksa kecepatan internet penting untuk dilakukan. Dengan mengecek kecepatan internet, setiap orang bisa mengatur apa yang akan dilakukan dengan kecepatan yang ada.

Berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (3/1), cara cek kecepatan internet di smartphone, laptop, dan komputer.

Cara cek kecepatan internet di smartphone, laptop, dan komputer

Cara cek kecepatan internet di smartphone, laptop, dan komputer, akurat dan tepat

foto: burst.shopify.com

Pada dasarnya cara mengecek kecepatan internet pada smartphone, laptop, maupun komputer bisa dibilang serupa. Ada beberapa website dan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet pada beberapa perangkat tersebut. Bagi kamu yang tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, website pengecek kecepatan internet mungkin menjadi opsi paling aman.

Namun jika kamu ingin menggunakan aplikasi tambahan, sudah ada beberapa software yang bisa digunakan. Tak perlu berlama-lama, kamu bisa simak daftar website dan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet pada perangkat yang kamu miliki.

Website pemeriksa kecepatan internet

Cara cek kecepatan internet di smartphone, laptop, dan komputer, akurat dan tepat

foto: burst.shopify.com

Bagi kamu yang tidak ingin menghabiskan kapasitas storage pada perangkat, website untuk mengecek kecepatan internet menjadi salah satu yang paling direkomendasikan. Kamu bisa mengunjungi beberapa website dibawah ini untuk mengecek kecepatan internet dengan mudah.

1. Meter.net

Meter.net merupakan website yang bsia kamu manfaatkan untuk mengecek kecepatan internet baik di smartphone, laptop, maupun komputer. Kelebihan aplikasi satu ini adalah banyaknya fitur yang ditawarkan seperti download dan upload speed, ping, serta jitter. Untuk menggunakan Meter.net kamu hanya perlu mengunjungi situs resminya kemudian mulai menjalankan pengecekan.

2. Bandwidthplace

Website lain yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet adalah Bandwidthplace.com. Tak jauh berbeda dengan website sebelumnyam, Bandwidthplace.com juga memiliki beragam fitur dengan tampilan yang sederhana. Cukup klik Start saat kamu mengunjungi website satu ini untuk memulai pengecekan.

3. Speedsmart.net

Speedsmart.net merupakan website dan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet. Jika tidak mau mengunduh aplikasinya, kamu bisa mengunjungi website Speedsmart.net. Sebaliknya, jika ingin mengunduh Speedsmart.net, kamu juga dapat mendownloadnya pada Play Store dan App Store untuk smartphone, dan website resmi Speedsmart.net untuk laptop dan komputer.

Aplikasi pemeriksa kecepatan internet

Cara cek kecepatan internet di smartphone, laptop, dan komputer, akurat dan tepat

foto: burst.shopify.com

Selain menggunakan website, kamu juga bisa memanfaatkan bantuan aplikasi untuk mengecek kecepatan internet. Pada dasarnya aplikasi untuk mengecek kecepatan internet memiliki ukuran yang tidak besar. Namun tetap saja, kamu perlu memastikan bahwa kapasitas penyimpanan kamu masih cukup untuk menyimpan banyak data.

1. Speedtest.Net

Speedtest.Net merupakan aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui kecepatan internet pada perangkat kesayangan. Hanya dengan mengunduh dan menginstal aplikasi satu ini, kamu bisa mengetahui kecepatan internet secara akurat dan realtime.

2. Internet Speed Meter Lite

Khusus bagi kamu pengguna smartphone, Internet Speed Meter Lite merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan internet dengan mudah dan akurat. Hanya dengan mengunduh dan menginstalnya melalui sumber terpercaya seperti Play Store dan App Store.

3. Internet Speed Test App

Aplikasi lain yang bisa juga kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet adalah Internet Speed Test App. Secara garis besar, fitur dan fungsi dari Internet Speed Test App sama seperti aplikasi pengecek sinyal internet lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi satu ini secara gratis untuk mengecek kualitas internet sebelum digunakan.


(brl/guf)