Cara memperbaiki masalah pada suara smartphone yang terdistorsi atau bisu

Cara memperbaiki masalah pada suara smartphone yang terdistorsi atau bisu

Techno.id - Sehebat dan secanggih apapun perangkat smartphone, namun tetap saja tidak kebal terhadap masalah atau bug acak. Apalagi dengan makin meningkatnya kompleksitas elektronik, beberapa komponen perangkat rentan mengalami masalah, tidak terkecuali mengenai suara.

Mungkin banyak dari kamu yang suara pada perangkatnya, baik Android maupun iOS bermasalah seperti distorsi audio atau malah tidak adanya suara sama sekali. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

Suara yang terdistorsi, bising saat panggilan telepon atau tidak jelas, kemungkinan besar disebabkan gangguan koneksi yang buruk, atau speaker yang kotor. Sementara masalah tidak ada suara sama sekali lebih sering disebabkan gangguan perangkat lunak, perubahan yang tidak disengaja pada pengaturan audi. Begini cara mengatasi beberapa masalah tersebut

Suara terdistorsi

Cara memperbaiki masalah pada suara smartphone yang terdistorsi atau bisu foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Audio yang terdistorsi pada panggilan telepon kemungkinan besar disebabkan gangguan atau koneksi yang buruk. Tutup telepon dan coba lagi panggilan tersebut.

2. Periksa berapa banyak bar koneksi jaringan selular kamu. Jika koneksi lemah, pindah ke area yang berbeda dan coba lagi.

3. Periksa speaker smartphone kamu, apakah ada kotoran yang menghalangi atau meredam audio.

4. Jika ada penyumbatan, lepaskan casing atau pelindung layar. Gunakan sikat yang bersih dan kering dengan bulu yang lembut untuk membersihkan kotoran tersebut.

Dengan sinyal yang lebih jernih dan speaker yang lebih bersih, seharusnya tidak lagi mengalami audio yang terdistorsi.

(brl/red)