Selama Ramadan dan Lebaran, aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat meningkat

Selama Ramadan dan Lebaran, aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat meningkat

Techno.id - Operator selular Telkomsel mencatat aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 1444 H (RAFI 2023) meningkat. Hal ini dibuktikan dengan trafik akses broadband Telkomsel yang meningkat 11,7 persen dari hari biasa 2023 dan tumbuh 11,4 persen dibanding periode Ramadan dan Idulfitri tahun sebelumnya.

Telkomsel juga mencatat peningkatan signifikan sepanjang periode RAFI 2023 terjadi pada akses layanan komunikasi seperti instant messaging dan video conference yang tumbuh mencapai 5,5 persen dan akses game mobile yang melonjak hingga 15,2 persen.

Untuk layanan pesan singkat (SMS) tumbuh sekira 14,1 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara (voice call) mengalami penurunan sebesar 20 persen dibandingkan hari biasa.

Sementara untuk layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi dari akses pelanggan ke layanan aplikasi instant messaging WhatsApp yang melonjak hingga 40,3 persen, aplikasi media sosial seperti TikTok sekitar 28,5 persen, SnackVideo yang mencapai 23,4 persen, Instagram yang naik mencapai 14,2 persen, serta layanan streaming video YouTube yang meningkat hingga 12 persen.

Selama Ramadan dan Lebaran, aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat meningkat foto: dok.telkomsel

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono dalam keterangan resminya mengatakan lima wilayah yang mengalami peningkatan trafik broadband tertinggi, antara lain Kabupaten Cilacap yang tumbuh 58,8 persen, Kabupaten Ciamis sekira 58,4 persen, Kabupaten Tasikmalaya mencapai 54,9 persen, Kabupaten Garut tumbuh 54,4 persen, dan Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara hingga 38,7 persen.

Saki lebih lanjut menambahkan Kabupaten Cilacap, Kota Bandung, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Tasikmalaya menjadi lima wilayah destinasi tujuan mudik yang mengalami pergerakan pelanggan paling signifikan.

Kenaikan aktivitas digital masyarakat ini pun bisa diantisipasi karena sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di seluruh Indonesia pada momen RAFI 2023 dengan melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu Telkomsel juga memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan yang customer centric yang dapat mendukung kemudahan akses aktivitas dan gaya hidup digital masyarakat.

(brl/red)