Cara memeriksa siapa yang tersambung ke hotspot pribadi di perangkat Android kamu

Cara memeriksa siapa yang tersambung ke hotspot pribadi di perangkat Android kamu

Techno.id - Ada kalanya, kamu diminta teman atau anggota keluarga untuk mengaktifkan hotspot pribadi. Tentu saja tujuannya agar data selular kamu dapat mereka gunakan untuk berselancar di internet.

Meski untuk masuk ke jaringan hotspot pribadi membutuhkan kata kunci, namun ada saja yang berhasil membobolnya, sehingga ada orang tak dikenal yang ikut menggunakan hotspot pribadi kamu.

Jika sebuah perangkat yang tidak dikenal tersambung ke data seluler kamu, perangkat tersebut bisa saja menghabiskan semua data seluler kamu. Untungnya, sebagian besar ponsel pintar Android saat ini memungkinkan kamu memantau siapa saja yang terhubung ke hotspot dan menyaring perangkat yang tidak dikenal.

Cara melihat siapa yang menggunakan hotspot selular kamu diam-diam

Untuk melihat berapa banyak perangkat yang tersambung ke hotspot selular kamu, ikuti langkah-langkah di bawah ini pada perangkat Android kamu.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan arahkan ke Koneksi > Hotspot Selular dan Penambatan.

2. Dengan asumsi Hotspot Selular sudah diaktifkan, ketuk (atau ketuk lama) untuk membuka menu pengaturan hotspot.

3. Di bawah Perangkat yang tersambung, kamu akan menemukan daftar perangkat yang tersambung ke hotspot.

Cara memeriksa siapa yang tersambung ke hotspot pribadi di perangkat Android kamu foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Langkah-langkah di atas menjelaskan cara memeriksa jumlah perangkat yang tersambung ke hotspot pada smartphone Samsung yang digunakan Techno.id. Tampilannya mungkin terlihat berbeda jika kamu memiliki perangkat dari produsen lain dengan antarmuka pengguna yang berbeda.

Jika kamu tidak tahu cara mengakses pengaturan hotspot di perangkat, ketuk opsi Hotspot Selular di panel Pengaturan Cepat dan tahan selama beberapa detik.

Beberapa ponsel Android tidak menampilkan nama tampilan perangkat yang tersambung ke hotspot kamu, atau nama tersebut berbeda dengan nama pengguna yang ditetapkan untuk perangkat tersebut. Oleh karena itu, kamu harus menghentikan sementara koneksi internet bersama untuk semua perangkat yang terhubung untuk menyaring perangkat yang tidak dikenal.

Jika kamu menemukan perangkat yang tidak dikenal terhubung ke hotspot kamu, ubah kata sandi hotspot dan hotspot akan secara otomatis terputus. Kemudian, kamu dapat menyambungkan kembali perangkat ke hotspot menggunakan kata sandi yang baru.

(brl/red)